oleh

Direktur Poldagri: Pemilih Pemula Harus Mengabdikan Diri Untuk Membangun Bangsa

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pendidkan Politik memiliki peran penting dalam memperkuat konsolidasi demokrasi Indonesia. Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 2014, Tentang Pemerintah Daerah memandatkan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan menindaklanjuti dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2010 untuk melakukan pendidikan politik.

Atas dasar itu, Kementerian Dalam Negeri, Selasa (24/10) menyelenggarakan kegiatan pendidikan etika dan budaya politik dengan tema, ‘Pendidikan Etika dan Budaya Politik Dalam Rangka Mendukung Agneda Demokrasi Pemilu Serentak 2019’, di Kota Pontianak.

Direktur Politik Dalam Negeri Dr. Bahtiar M.Si dalam materinya mengatakan menekankan beberapa hal bahwa pemilu sangat penting bagi pemula muda untuk mengajarkan kesanggupan diri untuk terjun kedunia politik.

Kesanggupan maksudnya, kemampuan diri untuk malakukan sesuatu yang didukung oleh kesediaan dan kemauan, sehingga pengajaran tersebut bersifat suka rela karena tanpa adanya unsur paksaan.

Pendidikan politik bagi pemilih pemula sebenarnya dimaksudkan untuk mewujudkan, setidak- tidaknya menyiapkan kader- kader yang dapat diandalkan untuk memenuhi harapan masyarakat luas. Dalam arti yang benar- benar memahami semangat yang terkandung dalam perjuangan sebagai kader bangsa.

Sebagai warga Negara kita harus sanggup mengabdikan diri untuk ikut serta dalam membangun Negara. Sebagai pemula muda, peran serta dalam pembangunan dapat diwujudkan dengan upaya yang bermanfaat bagi kepentingan rakyat banyak.

Pada kegiatan pendidikan politik yang diselenggarakan di Hotel 95 Kota Pontianak Kalimantan Barat dihadiri sekitar  150 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa dan siswa sekolah serta organisasi kepemudaan.

Hadir dalam acara Kepala Sub-Direktorat Pendidikan Etika dan Budaya Politik Kemendagri, Cahyo Ariawan serta Didi Sudiana, SE, MM, Sekretaris Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Untuk diketahui, Pada 2018 Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan pilkada serentak yaitu 1 Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dan 5 Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati serta Pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota. (Haji Merah/Redaksi).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru