oleh

Kapolres Pandeglang Himbau, Panitia Penyelenggara Pilkades Bersikap Netral

PANDEGLANG, KICAUNEWS.COM – Pilkades Serentak 2017 di kabupaten Pandeglang, hanya tinggal menghitung hari. Dalam menyikapi hal tersebut, Kapolres Pandeglang, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ary Satriyan, Senin (23/10) menghimbau agar panitia penyelenggara menjaga netralitas dan bersikap transparan.

“Dalam pelaksanaan Pilkades nanti, diharapkan seluruh panitia Pilkades,dapat menjalankan tugasnya dengan netral dan transparan,” Ujar  Kapolres Pandeglang, AKBP Ary Satriyan, saat dihubungi Redaksi Group Kicau.

Selain itu, kepada calon kepala desa, Kapolres Pandeglang juga menghimbau, agar menjaga kondusifitas di lapangan. Ary menegaskan, apabila ada persoalan dan permasalahan, harus diselesaikan dengan cara tidak anarkis.

“Calon Kepala Desa harus turut bisa menjaga kondusifitas, jangan sampai jika ada permasalahan mengerahkan massa, diharapkan masalah yang terjadi dapat diselesaikan dengan cara musyawarah atau dengan jalur hukum,” tegas Ary.

Berdasarkan data Indonesia Corruption Watch (ICW), ada 110 kasus penyelewengan dana desa dan alokasi dana desa sepanjang 2016-10 Agustus 2017. Dari 110 kasus itu, dilakukan oleh kepala desa. Dari 139 kasus korupsi tersebut, sebanyak 107, mutlak dilakukan oleh kepala desa.

Selain itu, sebanyak 30 perangkat desa juga ikut terlibat, dan sebanyak 2 orang dilakukan oleh istri kepala desa. Dari ratusan kasus korupsi dana desa tersebut, ICW merilis, negara mengalami kerugian sebanyak, 30 Miliar.

Diberitakan sebelumnya, Kemendes PDTT beberapa waktu lalu, telah melakukan MOU dengan Polri dan Kemendagri. Hal ini dilakukan dalam rangka, mengawasi penggunaan dana desa.

Berkaitan dengan MOU, AKBP Ary menambahkan, semua kepala desa dalam waktu dekat, akan dilakukan pembinaan, pengawasan, dan pengamanan terhadap dana desa yang telah dikucurkan oleh pemerintah pusat.

“Dengan dilakukannya MOU tersebut, berkaitan dengan Dana Desa akan dilakukan pembinaan, pengawasan, dan pengamanan terhadap Dana Desa yang telah dikucurkan ke Pedesaan,” tambah Kapolres Pandeglang, AKBP Ary

Baca juga :  Pilkades Serentak di Pandeglang Berpotensi Ricuh, Begini Penjelasnnya

“Selain itu juga seluruh elemen dapat saling memberikan informasi dan data, mengenai penggunaan Dana Desa, agar Dana Desa benar-benar dapat digunakan sebagaimana mestinya,” ujar AKBP Ary. (Redaksi/Haji Merah).

Sumber Foto. Banten Hitz.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru