oleh

Tingkatkan Pangawasan, Kemendes PDTT Bentuk Satgas Dana Desa

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Demi mengantisipasi penyelewengan dana desa, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa, yang diketuai oleh mantan Pimpinan KPK, Bibit Samad Rianto.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo, Rabu (18/10) mengatakan, jika ada indikasi penyelewengan atau kriminalisasi kepala desa, masyarakat bisa melaporkan langsung ke nomor 1500040.

“Kalau ada indikasi penyelewengan atau kriminalisasi kepala desa, laporkan ke Satgas Dana Desa di nomor 1500040. Itu dalam waktu 3×24 jam kita pasti kirim,” ujar Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo, seperti dilansir Detikcom.

Eko menilai, dengan jumlah sebanyak 74 ribu desa yang mendapatkan dana desa tersebut, tentunya, kata Eko menambahkan, tidak akan efektif jika harus diawasi satu per-satu.

Dia menjelaskan, dibentuknya Satgas Desa, juga bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Anti Korupsi di daerah. Hal ini dilakukan, tambah Eko, agar pengawasannya lebih efektif.

“Kita nggak mungkin semuanya. Dengan random kan, kita nggak tahu siapa yang mau diawasi, semuanya jadi hati-hati,” tambah Menteri Eko.

“Sekarang kan kita lihat Bhabinkamtibmas mengadakan penyuluhan-penyuluhan di desa. Dari Jaksa Agung juga, dapat komitmen jaksa di daerah-daerah juga melakukan penyuluhan.” jelas Eko

“Dengan adanya pengawasan yang bersama-sama ini, pengawasan ujung-ujungnya dari orangnya sendiri kan,” pungkas Eko. (Editor Redaksi/Haji Merah)

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Eko.

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru