oleh

Peringati HPSI, Herman Deru Canangkan Program Desa Unggulan Berbasis Literasi

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Perpustakaan Sekolah Internasional (HPSI) atau International School Library Day, Kamis (18/10), Herman Deru, Calon Gubernur Sumatera Selatan, sampaikan komitmennya, akan meningkatkan kualitas pendidikan di Sumsel.

Melalui sarana perpustakaan yang memadai dan layak, Herman Deru optimis, kualitas pendidikan di Sumsel akan bisa teratasi.

“Setiap sekolah di Sumsel harus mempunyai perpustakaan yang memadai dan layak buat siswanya, jangan sampai ada sekolah yang perpustakaannya tidak layak, atau bahkan tidak punya perpustakaan,” ujar Herman Deru, dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana diterima Redaksi.

Diketahui, International School Library Day, untuk pertama kalinya diperingati oleh Presiden IASL, Dr Blanche Woolls. Selanjutnya, International School Library juga, ditegaskan kembali oleh Presiden IASL, Peter Genco pada tahun 2005.

Selanjutnya, Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pertama kali diadakan pada 18 Oktober 1999 dengan tema, “A Day in the Life”.

Herman Deru, yang juga mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menjelaskan, gagasan mengenai perpustakaan yang layak ini, digagas Herman, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, dan mendorong semangat membaca masyarakat Sumatera Selatan.

Dia menilai, gagasan mengenai desa unggulan berbasis literasi ini, merupakan ikhtiarnya dilevel desa. Herman mengatakan, desa unggulan berbasis literasi ini, bisa menumbuhkan semangat membaca masyarakat Sumatera Selatan.

“Saya mau di tiap desa kelurahan itu minimal ada satu Taman Bacaan Rakyat (TBR), ini serius. Semua harus mau membaca, bahaya kalau rakyat tak suka baca,” jelas Herman Deru.

Adanya program desa unggulan berbasis literasi ini, kata Herman Deru menegaskan, bisa menjadi media belajar, untuk semua kalangan. Dia juga menilai, dengan demikian, hal itu bisa mengurangi angka buta aksara di Sumatera Selatan.

Baca juga :  Soal Ketimpangan dan Pemerataan Pembangunan Sumsel, Ini Kata Herman Deru

“Minat baca dan budaya literasi masyarakat Sumsel harus ditumbuhkan, antara pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung, bersinergi, dan bekerja sama merapatkan barisan untuk menyukseskan gerakan ini,” tegas Herman Deru. (Redaksi/Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru