oleh

Konsepindo: Tiga Tahun Terakhir, Gaya Jokowi Memimpin Banyak Pendekatan

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Tepat pada Jumat, 20 Oktober 2017 besok, kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, memasuki usia tiga tahun, namun demikian, tidak sedikit persoalan-persoalan yang belum terselesaikan. Meskipun begitu, beberapa lembaga survei menyebutkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi masih tinggi.

Pengamat Politik dari Konsepindo Reseach and Consulting, Veri Muhlis Arifuzzaman mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, kepemimpinan Jokowi memilki corak yang berbeda dengan sebelumnya.

Presiden Jokowi dalam memimpin selama tiga tahun ini, kata Veri Muhlis menjelaskan, menggunakan banyak pendekatan. Dia mengatakan, Presiden terkadang tegas, kadang lugas dan terladang juga mendiamkan persoalan, namun memberikan isyarat penuh simbol.

“Selama tiga tahun terakhir, memang memiliki corak yang berbeda dengan sebelumnya. Presiden Jokowi memimpin dengan banyak pendekatan, kadang tegas, lugas tetapi juga kadang mendiamkan namun memberi isyarat penuh simbol.” ujar Veri Muhlis, Kamis (19/10) saat dimintai keterangan oleh Jurnalis, lewat keterangan tertulis.

Meski demikian, dari beberapa hasil lembaga survei yang dirilis, tingkat kepuasan masyarakat pada kinerja Jokowi masih tinggi, Saiful Mujani Reseach and Consulting (SMRC) misalnya menyebut, sebanyak 61% masyarakat puas dengan kinerja Jokowi.

Berbeda dengan SMRC, hasil survei Indo Barometer menyebutkan, tingkat kepuasan masyarakat, pada kinerja Jokowi berada pada angka, sebanyak 66,4%, dan yang tidak puas sebanyak 32%.

Sementara hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) sebanyak, 55,7% masyarakat puas pada kinerja Jokowi dan 43,3% masyarakat tidak puas.

Veri Muhlis yang juga Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini, lebih lanjut menjelaskan, terdapat beberapa hal, yang membuat publik puas dengan kinerja Jokowi.

Dia menjelaskan, soal kesungguhannya dalam membangun infrastruktur dan memperbaiki, prosedur birokrasi yang dinilai menjelimet.

Baca juga :  Pengangkatan Guru Honorer Terhitung Sejak Tahun 2005 Jadi CPNS

“Soal kesungguhannya dalam membangun infrastruktur dan memperbaiki prosedur birokrasi yang njelimet, itu juga bisa menjadi indikatornya. Usahanya ini (Jokowi) cukup mendapat apresiasi dari publik.” jelas Veri Muhlis.

Secara keseluruhan, kata Veri menambahkan, kecuali dalam beberapa persoalan politik, kepemimpinan Jokowi bisa dikatakan positif. Selain itu Veri juga menilai, elektabilitas Jokowi sampai saat ini belum bisa ditandingi.

“Sejauh ini Jokowi belum bisa ditandingi. Jadi mungkin akan dua periode. Tapi dinamika politik ke depan kita harus tunggu.” kata Pengamat Politik dari Konsepindo Reseach and Consulting, Veri Muhlis. (Redaksi/Haji Merah).

 

Veri Muhlis Arifuzzaman, Pengamat Politik dari Konsepindo Reseach and Consulting.
Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru