oleh

Pilgub Sumsel 2018, Herman Deru, Komitmen Soal Pendidikan

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – International School Library Day, atau Hari Perpustakaan Sekolah Internasional (HPSI), Kamis (18/10) menjadi moment penting dalam merenungkan kualitas pendidikan saat ini. Menyambut hal tersebut, Herman Deru, Calon Gubernur Sumatera Selatan, melalui keterangan tertulisnya, (18/10) kembali menyampaikan komitmennya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Selatan.

Melalui sarana perpustakaan yang memadai dan layak untuk anak sekolah, Herman optimis, kualitas pendidikan di Sumatera Selatan, akan bisa meningkat.

Mantan Bupati OKU Timur dua periode ini menekankan, setiap sekolah, harus mempunyai perpustakaan yang layak dan memadai. Herman mengatakan, tidak ada alasan, setiap sekolah tak punya perpustakaan yang layak atau tidak punya perpustakaan sama sekali.

“Setiap sekolah di Sumsel harus mempunyai perpustakaan yang memadai dan layak buat siswanya, jangan sampai ada sekolah yang perpustakaannya tidak layak, atau bahkan tidak punya perpustakaan,” ujar Herman Deru, Kamis (18/10) kepada Redaksi.

Lebih lanjut, Deru, sapaan akrabnya Herman Deru menginginkan, setiap perpustakaan tidak hanya ada disetiap sekolah saja. Dia mengatakan, untuk bisa menumbuhkan dan mendorong semangat membaca kepada masyarakat, pengadaan perpustakaan harus ada disetiap desa atau kelurahan.

“Saya mau di setiap desa dan kelurahan itu, minimal ada satu Taman Bacaan Rakyat (TBR), ini serius.” kata Herman Deru, Calon Gubernur Sumsel, yang akan berpasangan dengan mantan Bupati, Mawardi Yahya.

“Semua harus mau membaca, bahaya kalau rakyat tak suka baca, apalagi sekarang sudah masuk era digital, bisa-bisa muncul tradisi copas (copy paste, red) tanpa tabayyun.” tambah Herman Deru.

Herman Deru optimis, gerakan berbasis literasi ini, jika dilakukan, akan menjadi sarana dan media belajar utuk semua kalangan. Selalin itu, Herman juga menjelaskan, upaya ini juga, bisa mengurangi angka buta hurup dan buta aksara di Sumatera Selatan.

Baca juga :  Ini Strategi Herman Deru, Atasi Angka Kemiskinan di Sumsel

Sekedar informasi, peringatan International School Library Day, atau lebih akrab disebut, Hari Perpustakaan Sekolah Internasional (HPSI), pertama kalinya, dicanangkan oleh Presiden IASL, Dr Blanche Woolls.

Kemudian perayaan ini juga untuk selanjutnya ditegaskan kembali oleh Presiden IASL, Peter Genco pada tahun 2005. Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pertama kali diadakan pada 18 Oktober 1999 dengan tema, “A Day in the Life”. (Redaksi/Haji Merah).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru