Perbaiki Mutu Pendidikan di Sumsel, Herman Deru Gagas Desa Berbasis Literasi

0
Herman Deru, Calon Gubernur Sumatera Selatan.
Bagikan :

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Selatan, sangatlah penting untuk dilakukan oleh pemerintah, melalui pengadaan perpustakaan disetiap desa dan kelurahan, menjadi komitmen, Herman Deru yang saat ini akan berlaga di Pilgub Sumsel 2018 mendatang.

Herman mengatakan, gagasan mengenai desa dan kelurahan unggulan, berbasis literasi, menjadi ikhitar mantan Bupati OKU Timur, untuk mendorong minat membaca masyarakat, terutama bagi anak-anak di sekolah.

Herman Deru, Calon Gubernur Sumatera Selatan, Kamis (18/10) mengatakan, siap menargetkan, disetiap kelurahan dan desa, terdapat satu perpustakaan bernama Taman Baca Rakyat.

Hal ini dilakukan Herman Deru, sebagai upaya untuk meningkatkan semangat membaca masyarakat Sumatera Selatan. “Saya mau di tiap desa kelurahan itu minimal ada satu Taman Bacaan Rakyat (TBR), ini serius.” kata Calon Gubernur Sumsel, Herman Deru.

Herman menjelaskan, dengan ditargetkannya gerakan desa berbasis literasi ini, bisa menjadi media belajar, untuk semua kalangan, dan tingkat buta aksara dan buta hurup, masyarakat Sumatera Selatan bisa teratasi.

“Semua harus mau membaca, bahaya kalau rakyat tak suka baca, apalagi sekarang sudah masuk era digital, bisa-bisa muncul tradisi copas (copy paste, red) tanpa tabayyun.” jelas Herman Deru.

Bupati OKU Timur dua periode ini, lebih jauh menjelaskan, minat membaca dan budaya literasi msyarakat Sumatera Selatan, harus ditumbuhkan.

Herman menilai, hal ini bukan hanya tugas pemerintah, namun juga harus menjadi kesadaran semua lapisan masyarakat. “Antara pemerintah dan masyarakat harus saling mendukung, bersinergi, dan bekerja sama merapatkan barisan untuk menyukseskan gerakan ini,” jelas Herman Deru.

Selain itu, Herman Deru juga mengajak, semua elemen masyarakat Sumatera Selatan, untuk mendukung penuh, program perpustakaan desa atau kelurahan diseluruh penjuru Sumatera Selatan.

Lebih lanjut, Herman Deru juga menambahkan, adanya perputakaan desa, atau Taman Baca Rakyat, bisa menjadi layanan informasi dan juga sumber pengetahuan, bagin masyarakat.

“Perpustakan atau taman bacaan rakyat sebagai layanan informasi dan sumber pengetahuan kepada masyarakat.” tambah Herman Deru. (Redaksi/Haji Merah).

 

Bagikan :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*