oleh

Keren…. Gelar Giat Laut, Dinas Perikanan dan Kelautan Dapat Pujian.

PANGANDARAN, KICAUNEWS. COM- Kegiatan GITA Laut di hadiri Mentri Perikanan Susi Pudjiastuti dan di dampingi Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. Aksi serentak bersih pantai dan laut ini merupakan rangkaian Gerakan Cinta Laut yang diselenggarakan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di kawasan Lokabina Pramuka, Pantai Pamugaran.

Diperkirakan 400 pelajar dan perwakilan masyarakat di Kabupaten Pangandaran mengikuti kegiatan Gerakan Cinta Laut (Gita Laut)

Menurut seketaris dinas Kelautan dan perikanan kabupaten Pangandaran Wawan kustaman Spd MM saat di kompirmasi awak media kicaunews di lokasi kegiatan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat merubah kondisi Pantai Pangandaran menjadi lebih bersih dan indah, serta meningkatnya kepedulian semua pemangku kepentingan dan masyarakat, khususnya pelajar, generasi muda atas kelestarian sumberdaya pesisir dan laut, ungkapnya.

Menurut Wawan, pencemaran yang terjadi sebagian besar disebabkan oleh perilaku manusia yang membuang sampah dan limbah tidak pada tempatnya.

Ada yang menjadikan laut sebagai keranjang sampah sehingga menyebabkan beban pencemaran di laut kian hari kian bertambah parah.

Beban pencemaran tersebut tanpa kita sadari telah menyebabkan potensi sumberdaya pesisir dan laut semakin menurun baik secara kuantitas maupun kualitas.

Mentri Kelautan, Susi Pudjiastuti pada pidatonya mengatakan, Gita Laut bertujuan untuk mengembangkan rasa memiliki dan kepedulian untuk menjaga kelestarian laut, menumbuhkan kecintaan pada budaya, sebagai jati diri bangsa, dan menimbulkan rasa memiliki dan kepedulian generasi muda, masyarakat, wanita pesisir, dan aparat; menjaga kelestarian laut; agar laut kita subur dengan ikan bukan subur dengan sampah, serta menumbuhkan kecintaan pada budaya sebagai jati diri bangsa, ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya Gita Laut dilakukan dalam beberapa kegiatan yaitu: gerakan bersih pantai dan laut, jambore pesisir, sekolah pantai, workshop pengelolaan sampah, kampanye Gita Laut dan lomba kreatifitas Gita Laut.

Baca juga :  Pelaku Aborsi ditangkap Reskrim Polres Tangsel

Kegiatan tersebut dilaksanakan di sepuluh (10) lokasi yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dengan melibatkan pemeritah pusat, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, pelajar, stakeholder terkait dan masyarakat umum.

Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata mengatakan dalam pidatonya gerakan cinta laut sangat dibutuhkan mengingat Kabupaten Pangandaran memiliki perairan laut yang cukup luas.

“Kelestarian laut menjadi sangat penting bagi kita, apalagi sebagai kabupaten pariwisata. Tentunya, kesadaran untuk menjaga lingkungan perlu terus disosialisasikan, tidak bole hmembuang sampah dan mencemari laut.(Agus s)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru