oleh

Jokowi: Ada 900 Kepala Desa Masuk Penjara Karena Korupsi Dana Desa

JAWA BARAT, KICAUNEWS.COM – Dengan jumlah anggaran yang sangat besar dan fantastis, sebanyak 900 Kepala Desa di kandangi Polisi, hanya karena terlibat korupsi dana desa.

Demikian hal tersebut, disinggung Presiden Joko Widodo, seperti dilansir Detikcom, usai menghadiri acara pembagian sertifikat tanah, di Garut Jawa Barat.

“Ada lebih dari 900 kepala desa yang ditangkap gara-gara dana desa, tapi itu dari 7.400 (kepala desa). Ada yang ‘belok’, kita tidak tutup mata,” ujar Presiden Jokowi, Red.

Selain banyak diciduk Polisi, hasil survei yang telah diterjunkan Presiden, tidak sedikit penyalur dana desa, yang tidak tepat sasaran, hal itu kata Jokowi, harus diperbaiki.

Dalam penyaluran dana desa, seharusnya, kata Presiden Jokowi menjelaskan, masyarakat di desa diajak musyawarah. Jokowi menilai, keterlibatan masyarakat dalam menyalurkan dana desa, sangatlah penting.

“Seluruh masyarakat harus diajak bicara. Dana itu dipakai untuk apa, dimusyawarahkan dalam forum desa. Mau dipakai bangun irigasi dan jalan desa, silakan. Paling penting harus produktif,” tegas Presiden Jokowi.

Demi meningkatkan efektivitas penyaluran dana desa, masih kata Jokowi menambahkan, pihaknya menghimbau agar, masyarakat ikut mengawasi proses penyaluran dana desa tersebut.

Pengawasan penyaluran tersebut, kata Jokowi, masih menambahkan, tidak hanya harus oleh pemerintah yang bertugas, masyarakat juga harus ikut mengawasi, penyaluran dana desa tersebut.

“Mungkin pemerintah pusat, provinsi, daerah mengikuti begitu banyak desa, (tapi) kontrol dan pengawasan yang baik adalah dari masyarakat,” tambah Presiden Jokowi. (Editor, Redaksi/Haji Merah).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru