oleh

Membaca Akan Merubah Nasib Bangsa

Oleh : Ajat Sudrajat, S.Pd.I, M.Pd

OPINI, KICAUNEWS.COM– Membaca merupakan salah satu alternatif dalam mengubah dunia. Sebab, membaca kunci dalam membuka jendela dunia. Dengan membaca, cakrawala pengetahuan akan lebih luas sehingga membawa pada masyarakat yang berkemajuan didalam pola pikir dan pola sikap ke arah zona kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

Indoneisa adalah suatu negara yang harus bekerja keras jika ingin menjadi bangsa yang maju dan bersaing dengan bangsa-bangsa lain dengan mendorong masyarakatnya untuk membudayakan membaca. Karena menurut UNESCO minat baca masyarakat indonesia berada pada posisi yang paling rendah di ASEAN.

Rendahnyanya minat baca akan berpengaruh pada ketertinggalan ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi yang berkembang dimasa kini sehingga akan berdampak pada kualitas bangsa dan menyebabkan ketertinggalan oleh bangsa-bangsa lain. Oleh sebab itu perlu bekerja keras untuk menumbuhkan minat baca masyarakat indonesia supaya menjadi budaya yang baik.

Di era informasi, bahwa membaca bukan berarti membuka buku. Kemajuan sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan dalam mengakses informasi guna membuka cakrawala ilmu dan pengetahuan.

Iqro’ yang artinya bacalah. Lebih jelasnya sebagai berikut :
اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3)
الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ (5)

“Bacalah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabbmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qolam (pena). Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al ‘Alaq: 1-5).

Menurut para ahli tafsir kata iqro berasal dari kata qoro’a yang memiliki beraneka ragam arti dalam berbagai kamus, antara lain : membaca, menganalisa, mendalami, merenungkan, menyampaikan, meneliti dan lain sebagainya.

Baca juga :  Revisi UU KPK Terlalu Mendadak Dan Sangat Melemahkan Kerja KPK

Iqra’ merupakan tuntutan pertama bagi umat manusia sebagai makhluk Allah Swt yang memiliki potensi berupa akal dan pengetahuan yang tidak dimiliki oleh makhluk lainnya adalah upaya untuk membuka rahasia alam dan mengembangkan ilmu pengetahuan agar manusia memiliki kemampuan dalam membangun peradaban yang di ridhoi Allah Swt.

Indonesia adalah bangsa yang sangat mungkin untuk berkemajuan menjadi suatu peradaban yang bisa bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam berbagai aspek kehidupan karena indonesia mayoritas muslim. Menurut fitrahnya bahwa manusia adalah makhluk religi yang diperintahkan untuk membaca.

Membaca akan memberikan kepekaan serta mempertajam analisa sehingga mampu memberikan solusi dalam menghadapi sebuah persolan keumatan dan kebangsaan. Namun, yang menjadi persoalan adalah minat baca yang kurang. Walaupun didukung dengan teknologi canggih juga akan sia-sia jika tidak mau membaca. Untuk itu ada beberapa tip untuk menumbuhkan minat baca masyarakat indonesia antara lain :
1. Niat
Niat akan mendorong dan menguatkan motivasi dalam
membaca. Kekuatan niat mejadi spirit dalam melangkah
serta melawan kemalasan dalam berbagai tantangan yang
dihadapi.
2. Membiasakan membaca
Kebiasaan dalam membaca akan mengalahkan kemalasan
dan kejenuhan sehingga membaca akan menjadi prioritas.
3. Berkonsultasi agar seseorang merekomendasikan untuk
membaca buku.
4. Membaca buku yang disukai lama-lama menjadi hobi.
5. Meluangkan waktu dan tempat yang nyaman untuk
membaca.
6. Mendorong keingintahuan dan mencari hal-hal yang baru
pergi ke perpustakaan atau toko buku.
7. Merubah mindset dengan membaca buku agar bisa
mengubah pola pikir dan pola sikap.

Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru