oleh

Sosialisasi Bank dan Motor Sampah, Diberikan Kepada Warga

TANGSEL, KICAUNEWS. COM – Kementrian Lingkungan Hidup gelar Sosialisasi Bank Sampah di salah satu restoran di Tangsel, Senin ( 9/10/17). Hadir dalam kesempatan kali ini Anggota DPR RI komisi 7dapil jabar 5 Bogor Primus Yustisio, Direktur Pengelolaan sampah Sudirman, Dinas Lingkungan Hidup Kab bogor Muji Lestari, Kasi Lingkungan Hidup Pusat Hafis Haerudin.

Pelatihan dengan tema “Pengembangan Bank Sampah Melalui infrastruktur Hijau ” bertujuan untuk  mendidik masyarakat,  agar sampah yang selama ini menjadi masalah dalam tata lingkungan, dapat didayagunakan dan bernilai ekonomi bagi  masyarakat.

Dengan demikian. masalah sampah ini tidak hanya dilihat dari sisi lingkungan semata, tapi juga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat. Seiring pesatnya perkembangan kota,  industrialisasi dan kegiatan ekonomi masyarakat, masalah sampah pun setiap hari manjadi soal di kota – kota besar.

Jakarta misalnya, berdasarkan data Dinas  Kabersihan DKI , memiiiki volume sampah 6.500 – 7.000 ton per hari. Jumlah volume sampah ini, lebih tinggi jika dibandingkan dengan Rata-Rata besar di Eropa yang hanya menghasiikan sampah 1.500-2.000 ton per hari. Bahkan KLHK sendiri merilis,  Indonesia adalah negara ke-dua penyumbang sampah plastik di dunia setelah Tiongkok.

Tentu masalah sampah ini,  bukan semata-mata persoalan regulasi,  sebab pertumbuhan industrialisasi dan kegiatan ekonomi warga yang  terus meningkat,  harus berjalan dengan seiring kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang sehat dan asri.

Oleh sebab itu, yang terpenting adalah mendidik masyarakat,  baik pelaku usaha maupun konsumen hingga ke lingkungan RT/RW,  dalam rangka mewujudkan penataan lingkungan yang bersih dan asri. Salah satu bentuknya adalah melalui pengelolaan bank sampah.

Selain itu, pemerintah pun dihadapkan menyediakan infrastruktur fisik yang ramah lingkungan. Fasilitas pembuangan sampah berdasarkan kategori atau klasifikasi sampah, harus ada di setiap ruang publik. Baik di sekitar pusat – pusat perbelanjaan moderen dan tradisional hingga ke lingkungan terkecil di tingkat RT dan RW. Bahkan di setiap gang rumah warga.

Baca juga :  Kapolsek Arcamanik Polrestabes Bandung, Pantau Langsung Lalu - Lintas Pagi

Di temui awak media kicaunews. Com Kepala seksi pengeloaan sampah Diah Purwanti Mengatakan bahwa bank sampah yang ada di Indonesia itu sudah ada sekitar 4000 an bank sampah dan itu sudah sangat membantu mengurangi sampah. Dan dengan adanya bantuan motor sampah yang kali ini di berikan kepada peserta perwakilan dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Bogor diharapkan bisa membantu dalam hal penanganan sampah mengingat akses untuk ke Tempat pembuangan akhir ( TPA) itu sangat susah dan jauh.

” Dengan adanya sosialisasi kali ini semoga masyarakat di pedesaan itu mengerti tentang apa itu bank sampah dan jika sudah mengerti bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan untuk bantuan 31unit motor sampah kepada peserta dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor bisa menjadikan pemicu agar masyarakat bisa cepat terakomodir dalam pengelolaan sampah” pungkasnya. ( tris).

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru