oleh

Polisi Siap Lakukan Penyelidikan Soal Reklamasi Teluk Jakarta

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Soal adanya sengketa dalam proyek reklamasi pantai Teluk Jakarta, Polda Metro Jaya, rencananya akan mendatangkan saksi ahli untuk mendatangi sengketa tersebut.

Polisi akan melibatkan sejumlah ahli, dalam penyelidikan itu, hal ini dilakukan agar Polisi dapat memiliki panduan terkait persoalan reklamasi.

Demikian hal ini dikatakan Komisaris Besar Polisi, Adi Deriyan Jayamarta, seperti dilansir redaksi dari Rakyat Medeka Online, Kamis (12/10) malam.

Dalam melakukan penyelidikan itu, Kombes Pol Adi para penyidim Ditkrimsus PMJ akan menggandeng Kementerian Kelautan dan perikanan.

“Ya pasti kalau saya berbicara KKP mengenai reklamasi, pasti. Karena itu adalah kementerian yang juga menaungi terkait dengan masalah reklamasi,” ujar Kombes Pol Adi.

Penyelidikan ini, kata Adi menjelaskan, dilakukan Subdit Sumber Daya dan Lingkungan (Sumdaling) Sitreskrimsus PMJ saat terjadi polemik di masyarakat, mengenai proyek reklamasi.

Polisi, kata Kombes Pol Adi, tidak ingin jika suatu saat ada masyarakat yang melapor mengenai proyek reklamasi pantai Teluk Jakarta, penyidik kebingungan. “Makanya saya perintahkan unit kerja Sumdaling untuk membuat hasil laporan mengenai reklamasi secara lengkap,” ujar Adi.

Penyelidikan ini dilakukan PMJ berdasarkan laporan dengan Nomor Polisi: LP/802/IX/2017/PMJ/Dit. Reskrimsus tertanggal 11 September 2017.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, mencabut moratorium atau penghentian sementara proyek reklamasi Jakarta karena pengembang telah memenuhi sanksi moratorium dari pemerintah pusat karena masalah analisis mengenai dampak lingkungan.

Moratorium sendiri dikeluarkan Menko Kemaritiman saat dijabat Rizal Ramli pada tahun 2016 menghentikan sementara pembangunan reklamasi. Saat itu proyek tersebut dinilai tidak memperhatikan dampak terhadap lingkungan dan melanggar sejumlah peraturan terutama soal perizinan. (Editor.).

Luhut

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru