oleh

Angka Putus Sekolah di Sumsel Meningkat, Herman Deru Siapkan Ini 

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Masih tingginya angka putus sekolah, di provinsi Sumatera Selatan, terutama ditingkat menengah SMA/SMK, membuat Bupati OKU dua periode, Herman Deru yang saat ini masuk bursa calon Gubernur Sumatera Selatan, angkat bicara.

Herman Deru mengatakan, program pendidikan dan pemberdayaan, harus menjadi fokus utama, yang harus dilakukan oleh pemerintah. Pasalnya, Herman menilai, pendidikan bukan hanya untuk warga miskin dan pengangguran saja.

Dia juga berjanji, jika dipercaya memimpin Sumatera Selatan, program pendidikan dan pemberdayaan di Sumatera Selatan, akan digalakan, terutama untuk anak yang putus sekolah.

“Diperlukan peran aktif pemerintah, untuk bisa mengurangi angka putus sekolah di Sumatera Selatan, sayang sekali kita ini, menggembor-gemborkan program pendidikan gratis, tapi anak putus sekolah masih banyak. Ini ironi, ini PR kita bersama,” ujar Herman Deru, Jumat (13/10) saat dimintai keterangan oleh Jurnalis.

Diketahui, partisipasi pendidikan murni, menurut neraca pendidikan daerah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat, pada tahun 2016, mencapai pada angka 91,6 persen. Dengan kategori lulusan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 76,0 persen, dan lulusan Sekolah Menengah, (SMP/SMA) berada pada angka 60 persen.

Dari data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di Provinsi Sumatera Selatan, angka putus sekolah sampai saat ini masih banyak, terutama ditingkat menengah atas (SMA/SMK), mencapai sebanyak 40 persen tidak meneruskan sekolah.

Selain itu, Herman Deru juga menambahkan, selain peran pemerintah, peran serta semua pihak juga, kata dia, sangatlah diharapkan, untuk menghilangkan angka putus sekolah di Sumatera Selatan.

Herman menegaskan, wajib belajar adalah benar-benar kewajiban, yang harus dilakukan, dan tidak boleh tidak, harus dijalankan.

“Semua anak di Sumsel wajib sekolah sampai tamat SMA, yang tidak sekolah akan dikenai sangai. Bisa saja dengan menunda pemberian bantuan atau jenis lainnya.” tegas Herman Deru. (Editor Redaksi/Haji Merah).

Baca juga :  Survei Stratakindo: Pemilih Militan Pada Balon Pilkada Sumsel Masih Lemah
Herman Deru, Calon Gubernur Sumatera Selatan.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru