oleh

Pengerukan Pasir di Banten Untuk Reklamasi, HMB: Bappeda Harusnya Fokus Pada Pembangunan !

TANGSEL, KICAUNEWS.COM- Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta, meminta Pemprov Banten terutama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) tetap fokus pada kinerja-kinerja yang sudah direncanakan pada RPJMD, dan menolak pengerukan pasir dikawasan utara pantai Banten dan pulau Tunda.

Jika infrastruktur di Banten itu bagus, maka perekonomian di Banten, akan berjalan mulus dan cepat, dan visi ekonomi kerakyatan akan terwujud.

Demikian hal itu dikatakan, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta, Adhia Muzaki, Kamis (12/10) dalam keterangan tertulisnya, kepada redaksi Group Kicau.

“Jadi kalau jalan-jalan di Banten itu bagus, maka perekonomian di Banten akan bagus juga dan berjalan cepat, maka visi ekonomi kerakyatan di Banten akan terwujud.” ujar Adhia.

Mahasiswa meminta, agar Pemprov Banten menolak dan bersikap, soal adanya pengerukan pasir di Banten, untuk kepentingan reklamasi teluk Jakarta. Mereka menilai, jika pengerukan pasir di Banten terus dilakukan, maka akan ada kerusakan.

“Bappeda ini harus fokus soal Pembangunan di Banten, jangan fokus dengan reklamasi, sangat jauh. Kalau misalnya pasir ini dikeruk karena kepentingan reklamasi itu kepentingan di luar Banten, dan sangat jauh, dan gak ada hubungannya,” jelas Adhia.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, izin eksploraso di pesisid utara Banten sudah ada, sebelum moratorium reklamasi Teluk Jakarta dilakukan.

Meski demikian, Hudaya tak menampik, pihaknya tidak bisa merinci seberapa banyak izin yang dikeluarkan kepada perusahaan eksplorasi penambanh pasir.

“Izin ada terus, sudah keluar berapa izinnya, harus tanya ke (dinas) perizinan,” ujar Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina, red.

Hudaya menambahkan, izin eksplorasi di pesisir utara Banten sudah ada, bahkan sebelum moratorium reklamasi Teluk Jakarta dilakukan. Namun ia tidak dapat memerinci seberapa banyak izin tersebut dikeluarkan kepada perusahaan eksplorasi penambang pasir.

Baca juga :  Ultah Banten Ke 17 Tahun, HMB Jakarta dan Banten Tak Bisa Putus

Menyikapi hal tersebut, mahasiswa meminta agar Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina fokus pada kinerja yang ada di provinsi Banten, salah satunya meningkatkan IPM di Banten.

“Seharusnya Hudaya, memikirkan atau fokus pada kinerja-kinerja yang ada di provinsi Banten, seperti peningkatan IPM, dan masalah Infrastruktur.” tegas Adhia. (Editor: Redaksi Group Kicau).

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru