oleh

Soal Reklamasi Jakarta, HMB Kecam Bappeda Banten Berikan Izin Pengerukan Pasir

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Kebutuhan pasir untuk reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta, sangatlah tinggi, selama ini untuk melakukan reklamasi tersebut, pasir yang digunakan, yakni pasir yang ada dikawasan pesisir urata Banten.

Meski demikian, Pemerintah Provinsi Banten tidak keberatan dengan hal tersebut, bahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengaku tidak keberatan jika pasir-pasir yang ada di pulau utara dan pasir di kawasan sekitar pulau Tunda diambil untuk Reklamasi.

Dalam merespon hal tersebut, Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta, Rabu (11/10) menilai, seharunya Bappeda Provinsi Banten fokus pada kinerja-kinerja yang ada di Provinsi Banten, seperti peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, dan masalah Infrastruktur.

Pembangunan manusia dan fisik harus merata di Banten, coba kita lihat di pelosok-pelosok Banten seperti Pandeglang, Lebak, Tangerang, yang saat ini Infrastrukturnya carut marut. Bappeda ini harus fokus soal pembangunan di Banten, jangan fokus pada reklamasi pantai teluk Jakarta.

Demikian hal ini dikatakan, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Banten (HMB) Jakarta, Adhia Muzaki saat dimintai keterangan oleh wartawan, Rabu (11/10) di Jl. Semanggi II Ciputat, Tangerang Selatan, Banten.

“Kalau misalnya pasir ini dikeruk karena kepentingan reklamasi itu kepentingan di luar Banten, dan sangat jauh, dan gak ada hubungannya.” ujar Adhia Muzaki.

Adhia menilai, jika Pemprov membiarkan pengerukan pasir di Banten itu dilakukan, akan berdampak buruk pada kehidupan nelayan di Banten, dan laut di Banten akan mengalami kerusakan.

“Ini akan berdampak kepada kehidupan nelayan, karena air dan bumi ini sudah diatur dalam UU, yang menang harus kita jaga, dan kita lindungi.” ujar Adhia Muzaki.

“Jika ini dilakukan, maka akan ada kerusakan di Banten, Bappeda harus fokus pada agenda-agenda pembangunan yang sudah direncanakan dalam RPJMD.” pungkas Adhia.

Baca juga :  Keruk Pasir di Banten Untuk Reklamasi, HMB Minta Pemprov Bersikap Tegas

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bappeda Provinsi Banten, Hudaya Latuconsina mengatakan, izin eksplorasi di pesisir Banten sudah ada, bahkan sebelum moratorium reklamasi teluk Jakarta dilakukan.

“Seharusnya Pemprov Banten ini menolak agar tidak ada pengerukan pasir di Banten untuk Reklamasi di Jakarta, sesuai dengan UU yang ada, kan pasir, air, itu di lindungin UU, kekayaan alam ini harus kita jaga dengan baik dan dikelola dengan baik.” ujar Adhia.

 

Sekretariat HMB Jakarta.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru