oleh

Pengamat Sebut, Pilkada Sumsel 2018 Diprediksi Tiga Poros,

SUMSEL, KICAUNEWS.COM – Meski sudah memasuki babak baru dan pengerucutan bakal calon, Pilkada Serentak 2018 di Sumatera Selatan, diprediksi akan berlangsung sengit, dan berlangsung tiga poros.

Pengamat Politik dari lembaga Survei Politik Indonesia, Rachmayanti Kusumaningtyas mengatakan, Pilkada Sumsel sudah bisa diprediksi akan diikuti oleh maksimal tiga pasangan calon.

“Kemungkinannya ada poros PDI Perjuangan dan Golkar kemudian poros PAN dan Nasdem dan poros Demokrat dan Gerindra.”ujar Rachmayanti, Rabu (11/10) kepada redaksi Group Kicau.

Dia menjelaskan, tiga pasangan calon tersebut, terdiri dari, Dodi Reza berpasangan dengan Giri, yang seolah menjadi Incumbent.

Kemudian, kata Rachmayanti menambahkan, Ishak Mekki dengan Aswari Riva’i, sebagai poros tengah, dan terakhir pasangan Herman Deru dengan Mawardi Yahya sebagai poros penantang.

Untuk PKB, PKS dan Hanura, masih kata Rachmayanti melanjutkan, akan mengusung Herman Deru, sementara untuk PPP dan PBB, kata Rachmayanti diprediksi akan memblok ke pasangan Ishak-Mekki.

Dari tiga poros tersebut, Rachmayanti menilai, Herman Deru berpeluang besar menang. Menurut Rachmayanti, ada tiga alasan kenapa Herman Deru berpeluang menang dalam Pilkada Serentak 2018 di Sumatera Selatan.

Rachmayanti menjelaskan, pertama dari hasil semua survei sepanjang tahun 2016 sampai 2017, nama Herman Deru menempati nama sebagai bakal calon dengan akseptabilitas dan elektabilitas tertinggi.

Alasan kedua, kata Rachmayanti posisi Herman Deru sebagai penantang, dan alasan ketiga, lanjut Rachmayanti adalah soal momentum politik.

“Secara keseluruhan strong supporter Herman Deru, bahkan sudah berada di kisaran 20 persenan,” jelas Rachmayanti. (Editor: Redaksi Group Kicau).

Dokumen Redaksi, Sumber Foto, Google.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru