23 April 2021
oleh

Akan Dibuka Presiden, Forum Cipayung Plus Siap Gelar Jambore Kebangsaan dan Wirausaha

JAKARTA, KICAUNEWS.COM– Forum Cipayung Plus yang terdiri dari 15 Organisasi Kemahasiswaan dan Kepemudaan akan menggelar Jambore Kebangsaan dan Kewirausahaan. Jambore Kebangsaan dan Wirausaha ini akan diselenggarakan pada 24-29 Oktober 2017 mendatang, di Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas Jawa Barat.
Dalam rangka mematangkan kegiatan tersebut, panitia hari ini melakukan konsolidasi dengan menggelar dialog kebangsaan yang dihadiri para ketua umum serta perwakilan dari 15 Organisasi Kemahasiswaan dan Pemuda dari seluruh Indonesia. Mereka adalah Ketum PP KAMMI Kartika Nur Rakhman, Ketum PB HMI Mulyadi P Tamsir, Ketum PP HIMA PERSIS Nizar Ahmad Saputra, Ketum PP GMKI Sahat Martin Philip Sinurat, Ketua Presidium PP PMKRI Angelius Wake Kako, Ketum PB PMII Agus Herlambang, Presidium PP KMHDI Putu Wiratnaya, Ketua Presidium GMNI Chrisman Damanik, Ketum GPII Karman BM, Ketum Hikmahbudhi Sugiartana, Ketum Himmah Alwashliyah Aminullah Siagian, Ketum SEMMI Azizi Rais, Ketum PB Pemuda Muslimin Indonesia M Sabilly, Ketum PP IPTI Ardy Susanto, dan Ketum GEMA Mathla’ul Anwar Ahmad Nawawi. Hadir pula aktivis senior, sekaligus penasihat acara Jambore Kebangsaan dan Wirausaha, Bursah Zarnubi.

Menurut Ketua Panitia Jambore Agus Harta, Jambore tersebut akan dihadiri oleh 5.000 peserta dari seluruh Indonesia. Ia berharap, jambore ini akan menjadi tonggak lahirnya gerakan Mahasiswa-Pemuda Indonesia yang dapat memajukan bangsa Indonesia.

“Kami harap mahasiswa dan pemuda Indonesia dengan segenap potensinya berjuang mengokohkan persatuan juga memajukan ekonomi bangsa demi kejayaan Indonesia,” ujar Agus dalam Dialog Kebangsaan Mahasiswa-Pemuda Indonesia, di kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (3/10).

Ketum PB HMI Mulyadi P Tamsir mengatakan, faktor ekonomi adalah prasyarat penting bila Indonesia ingin mandiri, berdaulat dan berjaya. Menurutnya, Indonesia akan menjadi negara gagal bila ekonominya terpuruk.

Baca juga :  Rektor Unipa: Pemerintah dan Kampus Harus Rangkul Kelompok Cipayung

“Kita perlu sadari bahwa kita miliki hampir seluruh prasyarat untuk menjadi kekuatan besar ekonomi dunia. Maka forum Cipayung Plus perlu menyiapkan strategi dan upaya serius agar anak-anak muda sadar dan tergerak membangun ekonomi bangsa untuk mewujudkan kejayaan Indonesia,” ujar Mulyadi.

Di tempat yang sama, Ketum Kammi Kartika Nur Rakhman mengatakan, forum Cipayung Plus memiliki kader yang sangat besar, keilmuan dan determinasi gerakan yang tinggi. Bila potensi ini dapat dikonversi, maka akan lahir para wirausahawan muda yang kelak akan menyokong pembangunan ekonomi nasional.

“Sejarah kebangkitan Indonesia selalu dipelopori oleh anak muda. Maka dari itu, Forum Cipayung Plus melalui Jambore Kebangsaan dan Wirausaha ingin mengembalikan kiprah kaum muda, dengan menjadi motor kebangkitan ekonomi Indonesia,” kata Nur Rakhman.

Sementara itu, Ketua Presidium GMNI Chrisman Damanik mengatakan, bahwa GMNI mengapresiasi penuh acara jambore tersebut. Menurutnya, anak muda wajib menjadi agen pembawa kreatifitas.

“Ini adalah suatu bentuk solidaritas bangsa, ini perlu diapresiasi. Karena dari kemajuan teknologi dan kemandirian, hadir kreatifitas. Ini momen yang dapat dikembangkan untuk membangun krmandirian organisasi dan mendorong kemajuan Indonesia,” tuturnya.

Ketua Presidium KMHDI Putu Wiratnaya mengatakan, generasi muda memiliki tanggung jawab untuk mengisi masa depan. Apalagi, Indonesia diberikan bonus demografi yang sangat besar, sehingga para kaum muda harus bisa memanfaatkan hal tersebut.

“Kita (forum Cipayung Plus) adalah miniatur keberagamaan kita sebagai bangsa. Bonus demografi yang sangat besar harus dapat kita optimalkan, agar dapat meminimalisir kesenjangan sosial di masa kita menjadi pemimpin,” katanya.

Lebih jauh Ketum GEMA Mathla’ul Anwar Ahmad Nawawi mengaku, dirinya mendukung penuh pelaksanaan jambore kewirausahaan ini. Menurutnya, ini adalah langkah yang progresif, yang ditunjukkan para kaum muda Indonesia.

Baca juga :  Serah Terima Kendaraan Tugas Kepada Tugas Piket Jaga

“Selama ini kita capek, kita kontraproduktif. Ini merupakan bentuk konsolidasi untuk momentum bersatunya pemuda dan mahasiswa untuk membangun indonesia,” kata Ahmad.

Lebih jauh Ketum PP HIMA PERSIS Nizar Ahmad Saputra mengatakan, mahasiswa dan pemuda harus mengubah pola pikirnya dari mencari kerja menjadi membuat lapangan kerja. Oleh karena itu, Nizar merasa jambore ini merupakan wujud nyata pemuda untuk menggalakkan semangat wirausaha di Indonesia.

“Kita bisa mencontoh para Nabi kita adalah saudagar, dalam hal ini persis menyambut baik terlaksananya jambore ini. Kita wujudkan kemandirian bangsa melalui wirausaha,” jelasnya.

Lebih jauh Ketum PP GMKI Sahat Martin Philip Sinurat menerangkan, jambore kewirausahaan bukanlah agenda mahasiswa dan para pemuda saja. Namun lebih dari itu, jambore tersebut adalah agenda kebangsaan.

“Ini adalah agenda kebangsaan kita. Itu adalah bentuk kontribusi aktif kita, bentuk kekritisan mahasiswa dalam bentuk kritik produktif kita,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Presidium PP PMKRI Angelius Wake Kako, menurutnya generasi muda saat ini sudah harus berpikir luas. Pasalnya, dalam era globalisasi seperti saat ini, pemuda ditantang untuk maju bersaing dengan bangsa lain.

“Anak muda harus jadi usahawan, kita tidak lagi persoalkan perbedaan bangsa. Kita harus bersaing dengan anak muda dari bangsa lain,” kata Angelius.

Ketua Panitia Agus Harta juga menerangkan, dalam acara yang akan digelar di Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas ini rencananya akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Selain itu, dalam acara jambore tersebut akan dilakukan beberapa kegiatan seperti Stadium General, Patriot Camp, Bootcamp Wirausaha, Out bound, Bakti Sosial, Pemecahan Rekor MURI dan juga ekspedisi.

“Cita-cita Jambore Kebangsaan dan Wirausaha ini adalah untuk menyatukan dan mempersaudarakan mahasiswa dan pemuda Indonesia, serta membangkitkan kesadaran dan gerakan ekonomi nasional. Muaranya adalah ekonomi bangsa yang mandiri, kompetitif dan menghantarkan Indonesia pada kejayaan,” ucap Agus. (*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru