oleh

HAMBATAN MENULIS BAGI GURU

KUNINGAN, KICAUNEWS.COM– Aturan kenaikan pangkat dan angka kreditnya menurut Kepala SDN Padahurip 2 Bapak Kuswata mengatakan para pendidik untuk melakukan unsur kegiatan pengembangan profesi.

Dalam hal ini akan menimbulkan masalah bagi guru yang tidak sempat melakukannya.Bermasalah dalam kenaikan pangkat guru akan mentok pada tingkat tertentu,misalnya membuat diklat pelajaran mereka yasa atau membuat alat peraga pelajaran,menemukan karya tepat guna dibidang seni,sosial dan lain sebagainya.

Pendek kata,semua kegiatan atau karya bersifat inovasi dalam bidang pendidikan.
Menulis karya ilmiah ini didalam pendidikan dan kebudayaan diakui sebagai kegiatan yang cukup berat .Guru mengalami berbagai hambatan untuk melakukan kegiatan yang satu ini. Kuswata menambahkan dalam pembicaraan bahwa ada 2 hambatan utama bagi guru dalam menulis.

Pertama, kemampuan menulis. Pada dasarnya semua guru bisa menulis,termasuk menulis kreatip.Akan tetapi kemampuan menulis itu jarang diasah sehingga menjadi tumpul.Guru jarang mempunyai waktu yang cukup untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulisnya Mengapa?
Salah satunya disebabkan oleh beban jam mengajar yang padat dan tuntutan administrasi pelaksanaan tugas guru yang cukup banyak apalagi yang berkaitan dengan sertifikasi guru.

Kedua, keterbatasan waktu. Kesibukan mengajar setiap hari menyiapkan perangkat administrasi mengajar dan lain sebagainya.Guru kurang memiliki waktu menulis karya ilmiah sebagai kegiatan karya pengembangan profesi.Dalam menulis karya ilmiah memerlukan waktu yang cukup.(Ag Kng)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru