oleh

Bersama BPOM Banten, Polres Tangsel Gerebek Gudang Obat Ilegal

TANGSEL, KICAUNEWS. COM  – Pasca penggerebekan gudang obat ilegal beberapa waktu lalu, Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Banten, Nur Jaya Bangsawan menyatakan pihaknya akan melakukan uji terhadap barang bukti yang diamankan. Dirinya menyatakan, untuk obat-obatan yang berhasil diamankan, termasuk analgesik (pereda nyeri, red) kuat, yang apabila disalahgunakan dapat berakibat kematian.

“Obat-obatan yang sudah diamankan oleh kepolisian diduga kuat adalah jenis analgesik kuat, yang apabila penggunaanya tidak diawasi sangat berbahaya, karena dapat berakibat  kematian. Sebagai contoh, DMP (DextroMerthopan) yang sudah ditarik sejak 2013 lalu, karena banyak disalahgunakan oleh masyarakat,” kata Nur saat jumpa pers, di Mapolres Tangsel, Jumat (29/9/2017).

Nur membantah, terungkapnya gudang ilegal tersebut karena kelemahan sistem yang ada, dirinya menuturkan, peredaran obat-obatan ilegal tersebut, lewat jalur-jalur tikus yang hingga saat ini masih berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk menghentikan peredarannya.

“Bukan karena lemahnya pengawasan pemerintah, sebab sistem kerja dan peredaran mereka melalui jalur-jalur yang belum diketahui, sehingga kami (BPOM, red) akan terus berkoordinasi dengan Kepolisian untuk menghentikan peredarannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Kota Tangerang Selatan, AKP. A. Alexander Yuriko menyatakan, hingga saat ini, pihaknya sudah mengamankan tujuh orang tersangka, termasuk sopir pengangkut barang.

“Saat ini kami sudah mengamankan tujuh orang, satu masih DPO. Kami akan mengembangkan kasus ini, hingga tuntas,” kata Alex.

Barang bukti obat yang diamankan, berjenis Tramadol, Trihexil, dan DMP yang sudah ditarik ijin edarnya, karena merupakan analgesik kuat, sementara bahan baku, masih akan diuji di laboratorium untuk mengetahui lebih jelas bahan dan dampak yang dihasilkan oleh bahan baku tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru