oleh

Bidang Pembangunan Pelayanan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Jadi Prioritas

KUNINGAN, KICAUNEWS.COM– Dalam kontek segi pembangunan dari Dana Desa 2017 dapat digunakan untuk empat peruntukan menyesuaikan dengan kebutuhan mendesak tiap Desa hal itu disampaikan Direktorat Jendral Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementrian Desa pembangunan daerah tertinggal dan Trasmigrasi ( Kemendes PDTT ) ahmad Erani Yustika saat Road Show pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat Desa di Bandung (14/12/2017) lalu.

Pada th 2017 bagi Desa yang masih tertinggal untuk infrastruktur dilanjutkan,untuk pelayanan sosial seperti Askes Air bersih sanitasi ,listrik dan Paud,pengembangan ekonomi untuk membuat badan usaha milik Desa (Bumdes).

Untuk pelayanan sosial dasar dan kemudahan Askes pada ,2017 aparat Desa diperbolehkan untuk membeli Ambulans Desa,sedangkan untuk pengembangan ekonomi lokal program kolaborasi Bumdes dan koprasi dapat mendorong pergerakan ekonomi Desa.

Prioritas penggunaan Dana Desa selain digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan pembangunan Desa,Dana Desa juga digunakan untuk membiayai Program Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Desa. Kementrian Desa Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa dan PDTT) Telah menerbitkan Permendes No 22 Th 2016 tentang penetapan prioritas penggunaan Dana Desa 2017.

Permendes ini sebagai pedoman umum tentang arah kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang di biayai dengan Dana Desa dan juga sebagai pedoman bagi Pemerintah Daerah Propinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota dan Desa untuk penetapan prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2017.

Menurut Nana Kusmana sebagai Sekmat Cilebak Kab Kuningan prioritas Dana Desa pemberdayaan masyarakat bahwa Dana Desa digunakan untuk membiayai program dan kegiatan bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kapabilitas masyarakat dengan menggunakan potensi dan sumber daya sehingga dapat menghidupi Desanya secara mandiri.

“Tentang kegiatan Pemberdayaan masyarakat Desa yang di prioritaskan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan pelaksanaan pembangunan Desa mengembangkan kapasitas masyarakat mengembangkan ketahanan masyarakat dan mengembangkan sistim informasi dan lain-lain” Ujar Nana Kusmana. (Ag Kng)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru