oleh

Sambut 1 Muharam 1439H, Pemuda Parigi, Gelar Pawai Obor

Tangerang Selatan, Kicaunews.com – Antusias warga Pondok Aren menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah. Dengan swadaya ratusan warga dilingkungan RW 07 kelurahan Parigi, kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dari orangtua, remaja, dan anak-anak semangat mengikuti pawai obor.

Tokoh pemuda Gilang Nalamaya didampingi Ahmad Kholid menjelaskan, “Tradisi menyambut tahun baru Islam dengan pawai obor sudah lama tidak dilaksanakan makanya pada tahun baru Islam tahun ini, Kami bekerjasama dengan remaja Mesjid dan masyarakat dilingkunhan RW 07 berupaya menghidupkan kembali tradisi ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, tradisi pawai obor setiap menyambut tahun baru Islam ke depannya akan dijadikan agenda tahunan agar masyarakat terutama generasi muda juga

“Kita ingin memaknai bahwa dalam kegelapan selalu ada penerangan. Seperti itulah Islam, yang mengeluarkan kita dari zaman kegelapan menuju zaman cahaya,” ujarnya.

Sekitar 300 orang berpakaian muslim begitu bersemangat melakukan pawai obor ini usai Magrib dari Masjid At-Tawwabin berkeliling. Alunan takbir dan dzikir terus bergema sepanjang pawai dengan pengawalan petugas Bhabinkamtibmas Polsek Pondok Aren.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Yayasan Al-Futuriah Ade Yusman mengatakan, kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap tahunnya. Tujuannya agar Pawai obor ini dijadikan budaya bukan hanya tradisi.

“Kita sengaja mengajak anak-anak untuk mengajarkan dan menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya dan nilai-nilai Islam,” kata Ade di lokasi pawai obor.

Ade Yusman menambahkan
“Kegiatan pawai obor ini, berawal dari ide Firum Pemuda Parigi kerjasama dengan remaja Islam, majelis zikir At-Tawwabin, biayanya dihimpun secara swadaya. Alhamdulilah pak haji Subroto sebagai tokoh masyarakat sangat mendukung, sehingga kegiatan berjalan dengan meriah.” pungkasnya (Abah)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru