oleh

Ivid Siap Kawal Pilkada Serentak 2018 Dan Pemilu 2019

Jakarta, Kicaunews.com – Lembaga penggiat demokrasi, Indonesia Voter Initiative for Democracy (IViD) melakukan Launching di gedung Joang 45,  Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/9),  tujuan lahir dari IViD  adalah keprihatinan terhadap pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu di Indonesia.

Menurut Ketua IViD Rikson , mengatakan kebanyakan masyarakat saat ini hanya melakukan pemantauan pemilu saja bukan karena mobilisasi, dan juga bukan partisipasi.

Kami rasakan saat ini partisipasi masyarakat lebih ke mobilisasi saja, apa karena mungkin Pilkada langsung, Saya berharap, banyak masyarakat yang menjadi pemantau Pemilu,” ujarnya

Ya nantinya akan lebih fokus pada pemantauan dan pengawasan terhadap jalannya Pemilu. Karenanya IViD siap mengawal pelaksanaan Pilkada serentak pada tahun 2018 dan Pemilu 2019.

“IViD adalah berbasis pada pemantauan pemilu, pendidikan politik dan kewarganegaran, penerbitan dan pemberitaan media online, dan survey jajak pendapat,” paparnya Rikson

Lanjut, Rikson juga menjelaskan, makna hewan keledai memegang kotak suara yang dijadikan logo IViD, keledai itu binantang paling tulus, pekerja keras dan tidak pilih-pilih pekerjaan, katanya.

Secara fisik keledai mempunyai telinga yang lebih panjang dari mulutnya, artinya kita lebih akan banyak mendengar. Kita ingin dengar misalnya masyarakat mau pemilu seperti apa, kekurangannya apa,” terangnya.

Pada acara launching tersebut, dilakukan peluncuran beberapa program IViD, diantaranya SADAP (Sistem Informasi Data Pemilih), SIDUKUN (Sistem verifikasi Dukungan), SIPITUNG (Sistem Verifikasi Penghitungan dan Rekapitulasi Suara). (Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru