oleh

Cuaca ekstrim puskesmas parigi di penuhi pasien

PANGANDARAN, KICAUNEWS. COM – Akhir akhir ini panas matahari begitu menyengat kemudian di susul pada malam hari suhu  yang terasa sangat dingin  , cuaca yang cepat berubah seperti ini jelas kurang bersahabat untuk kesehatan perubahan iklim ini memeberikan pengaruh yang fundamental terhadap kesehatan karena minimnya persediaan air bersih di musim kemarau tahun ini.

Seperti yang terjadi di puskesmas Parigi Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran senin 18/09/2017 tampak antrian pasien tak seperti biasanya dari mulai anak anak orang dewasa hingga warga senior.  hal ini tentu tidak boleh berkepanjangan ,dalam kondisi cuaca yang berubah ubah seperti ini kesehatan harus di jaga baik baik .

menurut DR Idam yang berjaga di Poli Umum keluhan Pasien beragam dari mulai demam ringan batuk pilek hingga ada yang harus di rujuk ke RSUD Banjar , udara panas meningkatkan kadar ozon serta polutan di udara  yang bisa menimbulkan penyakit penyakit kardiofaskular serta gangguan pernafasan. jelasnya , tetapi kita bisa mencegahnya dengan senantiasa menerapkan pola hidup sehat, dengan membiasakan meminum banyak air putih mengkonsumsi makanan yang bergizi tentunya menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan demikian kekebalan tubuh dan di dukung dengan lingkungan yang bersih akan menghambat virus dan penyebaran penyakit atau wabah yang di tularkan dari hewan hewan seperti tikus atau srangga lainya .saranya.

Kepala UPTD Parigi Oyat Hidayat ,AM.Kep menanggapi terkait banyaknya Pasien beliau ikut membantu mengawasi petugas kesehatan dalam melayani Pasienya , mengingatkan keluarga Pasien agar mempersiapkan  dokumen keluarga seperti foto kopi KTP,Kartu Keluarga ( KK) dan surat keterangan lainya apa bila di butuhkan mengingat Program Pemerintah  yang mengharuskan Pusat Pelayanan Kesehatan ( Puskesmas ) di gratiskan . ini adalah upaya Pemerintah dalam membangun sumber daya  manusia yang sehat  dengan  pembangunan kesehatan pada dasarnya untuk meningkatkan kesadaran , kemauan serta kemampuan untuk berprilaku hidup sehat dan agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tinginya di butuhkan keterlibatan berbagai sektor dan komponen masyarakat itu sendiri  dalam pelaksanaanya.pungkasnya .

Baca juga :  SOSIALISASI PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN oleh DINAS PETERNAKAN KOTA TANGSEL

( Eva lusita)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru