oleh

Survei Stratakindo Sebut, Ada Empat Besar Balon Pilkada Sumsel, Siapa Saja ?

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Meski masih terhitung lama, suasana politik menjelang Pilkada Serentak 2018 di Sumatera Selatan, semakin panas. Para bakal calon yang akan diprediksi maju, gencar melakukan komunikasi politik kepada elit-elit politik.

Siklus kampanye pada akar rumput dalam beberapa kasus, dibiarkan dahulu, dan yang dikejar adalah bagaimana caranya, bakal calon yang akan maju diusung oleh partai politik.

Hal ini selaras dengan usaha Parpol yang juga melihat dan meminta data perkembangan dukungan di lapangan. Sebab Parpol punya keyakinan, dalam Pilkada di daerah, keterpilihan calon kepala daerah dilihat dari seberapa balon itu dikenal, disukai dan dipilih.

Demikian hal ini diungkapkan Peneliti dari lembaga Survei Stratakindo, Hasan Asy’ari, dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Rabu (13/09). Dalam mengawal berlangsungnya Pilkada Serentak 2018 di Sumatera Selatan, Lembaga Survei dari Stratakindo, menggelar survei untuk yang ketiga kalinya.

Peneliti dari lembaga survei Stratakindo mengatakan, dalam hal ini, yang menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan bakal calon, adalah pemilih, dan posisi Parpol hanya mengantarkan dan Parpol hanya menjadi kendaraan politik, dan yang memutuskan adalah pemilih.

Dalam rilis survei Stratakindo untuk ketiga kalinya, Survei tersebut dilakukan dengan populasi seluruh masyarakat di Sumatera Selatan, dari usia 17 tahun, atau pun lebih, dengan jumlah 820 sempel, dan besar margin of eror sebesar 3,5 persen, dan pada tingkat kepercayaan sebanyak 95 persen. Survei tersebut dilakukan pada 5 sampai 10 September 2017.

“Satu pewawancara satu kelurahan, yang terdiri dari 10 responden, Quality control secara random sebanyak 20% dari total sampel dilakukan oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih atau spot check,” kata peneliti dari lembaga survei Stratakindo, Hasan Asy’ari kepada redaksi.

Baca juga :  Soal Pilkada Kota Tangerang, Ini Komentar Pimpinan Fraksi Gerindra

Dalam hasil survei tersebut, kata Hasan Asy’ari mengatakan, Stratakindo mendapatkan temuan pokok yang terjadi, yakni adanya kenaikan elektabilitas daei beberapa kandidat. Dia menjelaskan, ada empat belas nama yang mengalami kenaikan secara elektabilitas.

“Dari survei tersebut, terjadi kenaikan elektabilitas dari beberapa kandidat, ada 14 nama yaitu, Syahrial Oesman pada angka 20,7%, meningkat sedikit di angka 21,7 persen. Herman Deru naik dari 17,8% ke 19,2 persen. Sementara Dodi Reza Alex memecahkan rekor, naik dari 8,8%, ke 14,6 persen, artinya naik sebanyak 5,8 persen.” kata Peneliti Stratakindo Hasan Asy’ari.

Untuk Ishak Mekki, kata Hasan meambahkan, naik dari 11,7% ke 12,2%, sementara Aswari Riva’i merangkak dari angka 5,8 persen ke 6,3%. Dua tokoh PDI Perjuangan itu dalam dua survei berurutan tersebut, tidak mengalami perubahan elektabilitas secara segnifikan. “Edy Santana Putra berada di angka 3,3%, dan Giri Ramanda Kiemas berada pada angka 2,2%,” tambah Hasan.

Sementara untuk bakal calon yang berada pada rombongan dibawah 2%, seperti Muzakkir Sai Sohar sebanyak 1,5%, Susno Duadji 1,3%, Mularis Djahri 0,5%, Iskandar Sahil 0,5%, Harunata 0,4%, Riduan Effendi 0,3%, Mawardi Yahya 0,3%, dan Sarjan Taher 0,2%, namun dalam Undecided voters dalam survei kali ini, berada pada angka 14,5%. (Haji Merah).

Grafik Data Survei. Dokumen Redaksi KICAUNEWS.com.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru