oleh

LSPI Sebut, Suara Mengambang 79,4%, Popularitas Lima Balon Pilkada Palembang Masih Belum Kokoh

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Menyambut datangnya Pilkada Serentak 2018 di Palembang, lima nama bakal calon terpopuler muncul dan siap berlaga. Hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Politik Indonesia menyebutkan ada lima bakal calon yang populer di Palembang.

Harnojoyo, Sarimuda, Mularis Djahri, Lury Elza Alex, dan Fitrianti Agustinda, adalah bakal calon terpopuler di Palembang. Tidak hanya populer, berdasarkan data survei juga kelima nama ini, memiliki elektabilitas yang lumayan tinggi.

Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) menyebutkan, tingkat elektabilitas Mulari Djahri berada pada angka 25,4 persen, sementara Harnojoyo sebanyak 23,1 persen, Sarimuda 22,3 persen, Lury Wlza Alex 8,5 persen, Fitrianti Agustinda 4,2 persen, dan Yudha Pratomi Mahyudin berada pada angka 1,6 persen.

Meski demikian, peneliti dari Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI), Rachmayanti Kusumaningtyas mengatakan, modal dukungan yang dimiliki masing-masing kandidat masih amat lemah.

Rachma mengatakan, jika boleh dikalkulasikan, secara keseluruhan total dukungan pemilih militan pada kelima bakal calon ini, baru hanya mencapai 31,5 persen.

“Total dukungan pemilih militan (strong supporter) semua kandidat baru mencapai 31,5%. Hal ini menunjukan belum ada kandidat yang secara personal memiliki modal dukungan sangat signifikan.” kata Rachma, peneliti dari Lembaga Survei Politik Indonesia.

Rachma menegaskan, dari hasil temuan tersebut, ini akan mengindikasikan perpindahan dan perubahan dukungan pada pemilih sangat besar akan terjadi.

“Pemilih mengambang yang masih ragu dengan pilihannya saat survei dilakukan masih sangat tinggi, mencapai 79.4 persen dari total pemilih.” tegas Rachma.

Lebih lanjut, Rachma mengatakan, untuk dukungan yang dimiliki kelima bakal calon tersebut, masih terlihat belum ajeg, dan hal ini jelas harus ditopang oleh modal dukungan pemilih yang militan dan kokoh.

Baca juga :  Sambut Pilkada 2018, DPC Gerindra Kota Tangerang Terus Jalin Komunikasi

“Modal dukungan pemilih militan Mularis Djahri hanya sebesar 9 persen, dari 25,4 persen elektabilitasnya. Angka lebih tinggi sedikit dari pemilih militan Harnojoyo yang mencapai 8,5 persen dari 23,1 persen elektabilitasnya dan pemilih militan Sarimuda sebesar 8,6 persen dari 22,3 persen elektablitasnya,” kata Rachma.

Diketahui, survei politik yang dilakukan LSPI digelar oada 2-8 September 2017 kemarin, dari hasil survei tersebut, LSPI berhasil mengungkap kekuatan politik dan modal bakal calon yang akan bertanding pada Pilkada Serentak 2018 di Palembang. (Goler).

Survei Politik
LSPI
Konferensi Pers LSPI
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru