oleh

Refleksi: HUT Ke 5 PemNas Gelar Diskusi Pemuda Dan Nasionalisme

JAKARTA, KICAUNEWS.COM– Pemuda Nasional (PemNas), peringati HUT Ke 5 dengan Menggelar Diskusi Publik dengan tema “Pemuda dan Nasionalisme” yang digelar pada hari Kamis, (7/9/2017) bertempat di Hotel Balairung, Matraman, Jakarta Timur.

Adapun diskusi ini Menghadirkan narasumber dari berbagai bidang dan organisasi diantaranya adalah; Jonni Mardizal, Deputi Kemenpora RI, Kakanda Kuntum Khairu Basa, DPP Perindo/Ketua Umum Grind/Tokoh Pemuda, Andra Bani Sagalane, DPP PPP/Ketua Umum GemaNusa, Hika Transisia AP.SE.Ak. MH, Ketua Umum KIM, dan terakhir Kakanda Samtidar Tamagola,q DPP KNPI.

Dan juga hadir dalam acara itu Sandi Muh Ilham, S.Pd Selaku Sekretaris Jenderal Pemuda Nasional Dan Mustafa Khaidir, S.Pd selaku Ketua Umum Pemuda Nasional

Sekilas tentang PemNas

PemNas adalah singkatan dari Pemuda Nasional. Organisasi kepemudaan Pemnas didirikan di Jakarta pada tanggal 20 April 2011 dan telah ada di setiap provinsi Di Indonesia salah satunya dikembangkan di Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 1 Agustus 2017.

Pemnas berazaskan Pancasila dan PemNas bersifat independen dan demokratis. PemNas bukan organisasi kepemudaan agama. Pemnas bukan organisasi sayap partai.

Prinsip Pemnas adalah menjunjung tinggi nilai-nilai perjuangan bangsa dan menjunjung tinggi nilai-nilai NKRI. PemNas bertujuan memberi kontribusi yang riil untuk bangsa dan negara, menjadikan fasilitator bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi terkait dengan permasalahan bangsa dan negara, memperjuangkan serta mempertahankan nilai-nilai idealisme mahasiswa dan pemuda.
Siapa pun boleh bergabung menjadi keanggotaan di Pemnas sesuai dengan persyaratan,suku apapun dan agama apapun, yang pasti pendaftaran keanggotaan baru di wajib mengikuti prosedur persyaratan keanggotaan baru.

Tentang tema “Pemuda dan Nasionalisme

Menurut Ketua Umum Korps Indonesia Muda (KIM) bung Hika, Pemuda dan nasionalisme dua kata yang saling bersinergis, karena pemuda bila tidak punya jiwa nasionalisme, di pertanyakan ke pemudaannya, dan organisasi Pemuda Nasional ini sudah tepat tentang tema Pemuda dan Nasionalisme ini.

Baca juga :  Kegaduhan Politik Harus di Atasi, DPP KNPI Usulkan Pemerintah Bentuk Forum Komunikasi

“Dan kalau di organisasi KIM ini dengan tagline -nya Senyap tapi Pasti, organisasi kita sudah menyebar di kurang lebih 20 provinsi di Indonesia.
Untuk organisasi Pemnas ini usia 5 tahun sungguh luar biasa bisa mempertahankan organisasi ini” Papar Hika.

Menurut Bung Andra Bani Sagalane Ketua DPP PPP dan Gemanusa, “Selain Kata Nasionalisme, kata Patriotisme juga lebih penting karena dengan jiwa patriotisme memunculkan jiwa nasionalisme.”

Lebih lanjut, bung Andra mengatakan, dalam organisasi kita harus ada keterbukaan, karena organisasi sebagai fungsi kontrol dan melahirkan orang-orang hebat.
Dan kita sebagai pemuda harus kembangkan sikap patriotisme dan nasionalisme ini.

Menurut Bung Samtidar, Ketua DPP KNPI dan ketua Garuda Mas; “Pemuda dan Nasionalisme , pemuda adalah satu generasi dalam masa ideal, karena dalam pembangunan bangsa, peran pemuda sangat penting seperti di kutip dalam perkataan Bung Karno berikan aku 10 pemuda maka akan aku guncang dunia ini.
Pemuda ialah orang yang punya jiwa atau rasa,jadi di katakan pemuda dia harus memiliki rasa dan di tangan pemuda ini adalah harapan bangsa.”

Hadir dalam acara ini para Mahasiswa, pemuda, pengurus OKP, LSM dan para wartawan.

Selamat Milad yang Kelima, untuk Pemnas (Pemuda Nasional) semoga bisa terus berkiprah dan bermanfaat untuk Indonesia, khususnya Pemuda.
Majulah Pemuda Indonesia. (A Widhy )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru