oleh

Kapolsek Parung Panjang bantu warga untuk melumpuhkan sapi yang ngamuk ketika mau di sembelih

BOGOR, KICAUNEWS. COM – Kejadian seru selalu mewarnai perayaan Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya. Biasanya berhubungan dengan hewan kurban,yang terkadang bertingkah aneh sebelum dipotong.

kejadian terjadi di Kabupaten Bogor, saat perayaan Hari Raya Idul Adha 1438 H, Jumat (01/9/2017). Kejadian yang terjadi di Perumahan Perumnas 2 Parung Panjang Desa Parung Panjang, Kecamatan Parung Panjang. Di mana seekor sapi terpaksa ditembak akibat mengamuk sesaat akan disembelih.

Kapolsek Parung Panjang Kompol Lusi Septianingsih mengatakan, panitia kurban DKM Al Muamanah hendak menyembelih hewan kurban yang ada di sana.

Tiba-tiba saja seekor sapi yang menjadi salah satu hewan kurban di sana, mengamuk dan kabur saat akan disembelih. Tentu saja hal ini membuat warga yang berada di lokasi, panik melihat sapi tersebut mengamuk dan kabur.

”Saat itu memang kondisinya ramai. Banyak warga yang melihat bagaimana prosesi penyembelihan hewan kurban. Mungkin sapinya ketakutan melihat kerumunan warga. Makanya tiba-tiba mengamuk dan kabur dari lokasi,” kata Kapolsek Lusi, kepada awak kicau, Jumat (01/9/2017).

Panitia sendiri sudah berusaha untuk menangkap sapi tersebut. Sayangnya, badan sapi yang besar dan kondisinya yang sedang mengamuk, membuat warga tidak sanggup menangkapnya. Bahkan, tali yang mengikat sapi juga putus dan lepas.

Sapi diperkirakan panik melihat situasi yang ada di sekitarnya. Setelah tali lepas, sapi lantas lari ke arah lahan proyek perumahan serpong kencana yang ada di sekitar lokasi kejadian.

Akibat tidak mampu mengendalikan aksi sapi yang mengamuk tersebut, warga akhirnya meminta bantuan kepolisian untuk menangkapnya. Ini dilakukan, karena takut akan jatuhnya korban jiwa.

Dua kali tembakan dilepaskan pertama di bagian badan sapi tetapi sapi tidak lumpuh dan tembakan ke dua di lepaskan tepat mengenai kepala sapi dan kali ini sapi lumpuh.

Baca juga :  Sebanyak 33 Orang pelanggar Prokes Terjaring Dalam Operasi Yustisi Polsek Jagakarsa Bersama Unsur Tiga Pilar

Kapolsek Parung Panjang Kompol Lusi Septianingsih mengatakan, sapi yang sudah kabur ke area proyek perumahan itu, masih memperlihatkan kondisinya yang marah dan mengamuk. Ditambah lagi dengan banyaknya warga yang penasaran melihat kondisi sapi, malah membuatnya semakin menjadi-jadi.

”Daripada kenapa-kenapa, lebih baik kerbau dirobohkan saja. Dan karena susah dan takut kalau melukai warga, maka tembakan terpaksa dikenakan kepada sapi,” katanya.

Tembakan yang dilayangkan itu tepat menembus kepala sapi.  Hal itu langsung membuat sapi jatuh tak berdaya. Setelah memastikan bahwa sapi tidak lagi bergerak, warga akhirnya berani mendekat dan membawanya ke lokasi semula.

Pelumpuhan sapi itu sendiri, memakan waktu yang cukup lama. Hingga pukul 12.00 WIB, baru sapi bisa dilumpuhkan. Dari upaya penaklukan yang dilakukan sejak pagi hari.

”Kami sudah mendapat ijin  Ketua RT. 02 RW. 10 ibu Susanti untuk menembak hewan itu. Termasuk izin dari warga sekitar. ,” terangnya.(tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru