oleh

Kades Waru Ini Siapkan Program Pemberdayaan, Dari Sampah Sampai Warga Pengrajin

BOGOR, KICAUNEWS.COM– Selain untuk infrastruktur sudah ketetapan peraturan menteri bahwa Dana Desa juga digunakan untuk membiayai pembangunan Desa yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dengan prioritas penggunaan Dana Desa diarahkan untuk pelaksanaan program dan kegiatan Pembangunan Desa.

Hal ini diakui Kepala Desa Waru, Kecamatan Parung, kabupaten Bogor, Toing Aryanto Rabu (30/8/2017), menurutnya, penggunaan dana desa tidak hanya dialokasikan ke infrastruktur, Toing juga berencana untuk memberdayakan warganya melalui program-program yang Ia sedang siapkan.

“Untuk Dana Desa sekarang difokuskan infrastruktur jalan, kita juga sedang menyiapkan sarana publik seperti Bumdes (Red;Badan Usaha Milik Desa), salah satu yangy sedang saya siapkan untuk penangan sampah untuk bisa dijadikan usaha, selain itu juga kita sedang menyiapkan pembinaan-pembinaan pengrajin yang ada di desa, kita akan siapkan sarana pemasarannya untuk para warga pengrajin itu” Papar Toing.

Namun, lanjut Toing, program pembinaan dan pemberdayaan akan dilaksanakan ketika infrastruktur sudah masuk kategori layak.

Meski begitu, masih kata Toing, Program pembinaan dan pemberdayaan pasti akan diupayakan realisasinya.

Andri (24) warga Rt.03 Rw.03, Desa Waru, mengaku Ia sudah merasakan Dana Desa itu melalui betonisasi jalan disekitar kediamannya.

“Yang saya tahu sih emang ada beberapa yg dijalanin, kaya betonisasi jl. Radar. Tapi yg lainnya ane gak tau, mungkin saya saja yang kurang mau tahu” Ungkap Andri.

Dalam kesempatan yang sama Andri juga berharap agar pak Kades bisa secepatnya merealisasikan program pembinaan dan pemberdayaannya tersebut, karena program tersebut akan sangat bermanfaar bagi warga Desa Waru. (Iqbal)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru