oleh

Ini Arah Alokasi Dana Desa Bojong Indah

BOGOR, KICAUNEWS.COM– Sejak Pertengahan tahun 2017 lalu pemerintah pusat telah merealisasikan penyaluran dana desa tahap pertama kepada pemerintah desa. Dana desa tersebut telah disalurkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Setelah disalurkan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) bertugas mengawal prioritas penggunaan dana desa agar sesuai dengan Peraturan Menteri yang telah ditetapkan. Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 21 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa, dana desa di tahun 2017 ini digunakan untuk membiayai pelaksanaan program dan kegiatan berskala lokal desa bidang Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Berangkat dari landasan Permen itulah aparatur Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, menggunakan dana desa sepenuhnya untuk infrastruktur, jalan dan MCK.

Rincian Dana Desa Bojong Indah

“Semenjak cair per- bulan Juni lalu, pelaksanaanya seratus persen untuk infrastruktur, jalan dibetonisasi dan perapihan MCK, tapi pemberdayaan kita belum kita masukin” Kata bendahara Desa Bojong Indah, Dedi saat diwawancarai Rabu (30/8/2017) kemarin.

Dedi juga menjelaskan, bahwa sebenarnya Desa Bojong Indah ada keinginan untuk membangun sekolah negeri, namun karena tidak adanya lahan dan adanya peraturan yang melarang dana Desa untuk pembelian lahan menyebabkan rencana pembangunan sekolah itu belum bisa terealisasi.

“Kita sulit untuk beli tanah, karena peraturannya melarang, saya sih berharap pemerintah melalui dinas pendidikan bisa membantu merealisasikan rencana pembuatan sekolah negeri” Paparnya

Untuk pemberdayaan warga, lanjut Dedi, belum ada pencanangkan, karena belum ada kebutuhannya, kalau pun akan diadakan pemberdayaan, harus melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang).

Kami, Kicaunews.com mewawancarai salah seorang warga desa Bojong Indah bernama Dewo (24) pada, (30/8). Dewo mengungkapkan untuk infrastruktur memang sangat baik pembangunannya.

Baca juga :  Menumbuhkan ” Culture of Hope” Dalam Sistem Pendidikan Nasional “Merdeka Belajar”

“Sebagai warga bojong indah mengenai masalah infrastruktur sangat baik, karena saya sendiri merasakan perubahannya, dari beberapa jalan yg dahulunya hanya tanah merah sekarang sudah bagus dengan alas semen” Ungkapnya.

Namun Ia menyangkan kurangnya perhatian aparatur desa terhadap para pemuda.

“Aparat setempat dan pihak kelurahan sepertinya kurang peduli atau kurang merangkul para pemuda yang ada di Bojong Indah, semua kegiatan selalu diatur orang-orang tua yang dari tahun ke tahun dia lagi, dia lagi” Keluh Dewo.

Ia berharap agar kedepannya para pemuda bisa dipercaya dan dirangkul dalam kegiatan-kegiatan desa, agar klaim nanti adanya pembinaan dapat bisa dibuktikan. (Iqbal)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru