oleh

1 September 2017 Lebih Dianggap Sebagai Hari Jadi Kuningan Tanpa Embel-embel Sebutan Kabupaten

KUNINGAN, KICAUNEWS.COM– Sejarah menunjukan beberapa kabupaten di Jawa Barat seperti Ciamis ( Galuh ), Tasikmalaya ( Sukapura ), Sumedang, Garut, Kuningan, dan lain lain, telah berdiri jauh puluhan bahkan ratusan tahun Sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Ironisnya pencarian hari jadi salah satu daerah di Jawa Barat yaitu kabupaten Kuningan, baru dilaksanakan pada hari kemerdekaan sekitar tahun 1970. Pencarian hari jadi kabupaten yang telah berusia ratusan tahun itu bukan suatu pekerjaan gampang, karena memerlukan keahlian, disertai ketelitian untuk mencari, mengolah sumber serta wawasan mengenai wawasan latar belakang faktor faktor yang menyebabkan atau terbentuknya daerah (kabupaten) bersangkutan.

Untuk jarak waktu antara pembentukan kabupaten dengan waktu pencarian tanggal hari jadinya sangat timpang dengan waktu penelitian yang relatif singkat. maka seringkali peneliti kesulitan menemukan sumber yang menunjukan hari jadi kabupaten yang dengan data dan informasi yang teliti.

Sementara pihak pemerintahan daerah yang bersangkutan menghendaki kabupatennya segera memiliki hari jadi oleh karena itu, tim peneliti terpaksa mencari petistiwa penting yang dianggap berkaitan dengan pembentukan kabupaten atau awal keberadaan kabupaten, maka tanggal peristiwa itulah yang dianggap hari jadi kabupaten.

Untuk kabupaten kuningan terjatulah hari jadi kuningan tepat pada tanggal 1 September.

Panitia Hari Besar Nasional ( PHBN ) Kabupaten Kuningan sudah membuat susunan acara (Rangkaian Acara) kegiatan hari jadi Kuningan yang ke 519. Untuk mengingat hari jadi kab kuningan biasanya tanggal 1 September 2017, tetapi untuk tahun sekarang diundur 3 hari selanjutnya yang jatuh pada senin 4 September 2017. Adapun alasan penundaan itu dikarenakan hari jumat,1 September 2017 berbarengan dengan hari raya idul adha 1438 H, atau idul kurban.

Kita sebagai masyarakat kuningan mari kita semarakan hari senin kita bersama-sama untuk memperingati “HARI JADI KUNINGAN” dengan meriah.

Baca juga :  Parah..!!! Ada Anggota DPRD Karanganyar Bagi Bagi Proyek PL Untuk Anak Dan Kerabat

Semoga hal ini mendapat perhatian dari semua elemen masyarakat kuningan karena penetapan hari jadi benar benar penting untuk “mancegkeun tatapakan” dan memperteguh jati diri.

Semangat pesona Kuningan dengan semangat hari jadi yang ke 519 mari kita mantapkan produktifitas dan pemerataan pembangunan daerah dalam kebersamaan. (Agus Kuningan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru