oleh

Perbup Pilkades di Pandeglang Belum Rampung, Begini Komentar Dinas Terkait

PANDEGLANG, KICAUNEWS.COM – Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Senin (21/08) menargetlan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahap II berlangsung November 2017. Dalam Pilkades Serentak tahap II tersebut, sebanyak 108 Desa yang terdiri dari 35 Kecamatan akan dilakukan di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Meski demikian, dalam proses Pilkades Serentak Tahap II tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, sampai saat ini masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang masih belum ditandatangi, sebagai acuan Pilkades tersebut. Terkait persiapan Pilkades saat ini, Dinas masih menunggu tindak lanjut Bupati Pandeglang, terkait Peraturan Bupati (Perbup) Pilkades.

Demikian hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Pandeglang, Taufiq Hidayat, Senin (21/08) sebagaimana dilansir dari Rakyat Merdeka Online Banten.

Taufiq mengatakan, untuk tahapan Pilkades, pihaknya sudah menyiapkan jauh-jauh hari, dan saat ini dinas masih tinggal menunggu Perbup Pilkades saja. “Saat ini tinggal menunggu penetapan Perbup saja, yang kemudian kita akan lakukan sosialisasi Perbup, bebarengan dengan pembentukan panitia Pilkades di Desa sampai Kecamatan,” ujar Taufik Hidayat.

Dalam Peraturan Bupati (Perbup) tersebut, kata Taufiq menerangkan, terdapat sekitar 36 poin tahapan Pilkades. Bila Perbup tersebut telah rampung, masih kata Taufiq menambahkan, maka Pilkades baru bisa digelar. “Jadi bila Perbup sudah ditandatangani bupati, kita tinggal sosialisasi. Dimana ada 36 poin tahapannya. Sementara ini, kita anggap tidak ada kendala apa pun, dan saya minta jangan berandai-andai.” tambah Taufiq Hidayat.

Senada dengan Taufiq, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Desa Kabupaten Pandeglang, Asep Saefudin mengatakan, untuk tahapan Pilkades sudah dimulai sejak pekan pertama bulan Agustus. Tahapan tersebut, kata Asep menambahkan, dengan dibentuknya Panitia Pilkades, pengesahan Peraturan Bupati (Perbup) dan kemudian dilanjutkan dengan tahap-tahap berikutnya.

Baca juga :  Jokowi Antusias Menyambut Kedatangan Ratu Maxima ke Istana Negara

“Awal bulan Agustus sekarang sudah mulai, tahapan-tahapan ini ditargetkan sampai bulan Desember yang ditutup dengan pelantikan Kepala Desa terpilih.” tambah Kepala Seksi Tata Pemerintahan Desa, Asep Saefudin.

Lebih jauh Asep melanjutkan, untul tahapannya masih berjalan. “Tahapannya sekarang adalah penyelesaian Perbup Pilkades, terus pembentukan panitia Pilkades tingkat Kabupaten. Setelah itu, kita baru akan sosialisasi ke Kecamatan dan Desa, guna kelancaran Pilkades nanti,” lanjut Asep. (Redaksi kicaunewscom/Haji Merah).

Sumber Foto, Instagram Irna Center. Irna Narulita Dimyati, Bupati Pandeglang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru