oleh

Diaspora Indonesia Jadi Pendorong Pembangunan Alternatif

OPINI, KICAUNEWS.COM – Diaspora adalah keberadaan suatu bangsa atau warga negara yang jauh dari negara asalnya akan tetapi memiliki rasa cinta terhadap bangsa dan negaranya begitu besar.

Diaspora juga diartikan sebagai salah satu bentuk nasionalisme yang berbentuk “imaging community” artinya rasa cinta yang besar meski secara faktor-faktor tidak terikat fisik melainkan kekuatan batin.

Banyak diaspora sebagai hal yang kurang positif. Salah satunya dikarenakan banyaknya pergerakan- pergerakan politik yang membuat keamanan negara asal atau negara tujuan terganggu.

Separatisme dan juga terorisme menjadi bagian penting dari pemandangan kurang baik yang difahami oleh orang banyak mengenai diaspora.

Untuk sekedar wawasan hampir 100-an negara kini memiliki diaspora yang cenderung sudah di institusionalisasi oleh negara asalnya.

Ini dikarenakan diaspora merupakan potensi penting dalam membangun negara. Indonesia sebagai negara yang memiliki sejarah diaspora yang cukup lama baru saja menginstitusionalisasikan dispora indonesia.

Tercatat hampir diseluruh dunia keberadaan diaspora Indonesia sudah tumbuhbdan berkembang di 5 benua.

Pembentukan lembaga diaspora bagi Indonesia merupakan potensi yang sangat baik di tengah mulai lunturnya semangat ke-indonesiaan yang terkikir akibat faktor politik, ekonomi dan gaya hidup yang secara tidak langsung menjauhkan kita dari Indonesia itu.

Keberadaan Indonesia dibbelahan dunia dengan potensi sumber daya manusia, yang teruji dapat menyebabkan pembangunan alternatif terbaik.

Terbukti setidaknya diaspora Indonesia telah melakukan serangkaian pilot project untuk pembangunan di daerah tertinggal seperti papua dan kepulauan seribu.

Selain itu adanya konferensi diaspora Indonesia bisa menjadi jembatan bagi warganegara atau diaspora dalam hal bertukar informasi, kerjasama hingga transfer teknologi sehingga pembangunan indonesia akan semakin membaik.

Dr. Muhammad Rusydi
Penulis Adalah Anggota Diaspora Indonesia.

 

Baca juga :  Campus SMPN 3 Rajadesa Maksimalkan Pelayanan Peserta Didik Dalam Meningkatkan PPDB
Anggota Diaspora Indonesia. Dok.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru