oleh

Kegaduhan Politik Harus di Atasi, DPP KNPI Usulkan Pemerintah Bentuk Forum Komunikasi

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Adanya kecenderungan demokratisasi politik, dapat mendistorsi tradisi, nilai dan sendi kebangsaan. Hal ini terjadi, salah satunya disebabkan karena ucapan, langkah dan kebijakan elit politik yang tidak jarang memicu kegaduhan di ruang publik.

Oleh karena itu, kaum elit harus dapat menempatkan kepentingan kebangsaan diatas hasrat politik golongan maupun kelompok.

Demikian hal ini disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Muhamad Rifai Darus dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana diterima Redaksi Group Kicau, Jumat (18/08).

Mantan Wasekjen PB PMII ini, dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, di tengah sengitnya kompetisi politik dan kentalnya political patron.

DPP KNPI mengusulkan agar pemerintah dapat memprakarsai terbentuknya forum komunikasi yang baik antara mantan Presiden dan Wakil Presiden.

Melalui forum yang dibentuk sebagai media komunikasi dan interaksi antara Presiden dan mantan Presiden, DPP KNPI berharap, Presiden Jokowi bisa membenahi negeri ini.

“Tentunya, Presiden Jokowi juga tidak dapat berjalan sendiri membenahi negeri ini. Perlu kebersamaan dan kesadaran seluruh pihak untuk bergerak bersama,” kata Ketua DPP KNPI, Rifai Darus.

Selain itu, Pria yang akrab disapa MRD ini lebih lanjut mengatakan, elit-elit politik, sudah saatnya menyudahi kegaduhan, terutama kegaduhan yang terjadi pada perbedaan haluan politik.

“Saatnya kaum elit menyudahi kegaduhan politik. Kita ingin melihat bahwa perbedaan haluan politik, mereka bisa berhimpun dan rembug bersama, serta dapat saling memberi masukan positif agar kondisi negara, bangsa dan masyarakat semakin kuat.” kata Rifai Darus.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Umum DPP KNPI Rifai Darus mengusulkan agar pemerintah, segera membentuk narasi kebangsaan dalam rangka HUT Kemerdekaan Rakyat Indonesia yang ke 72.

Narasi kebangsaan ini, kata dia, berangkat dari pengamatan dan diskurus yang berlangsung di internal kaum muda ditubuh KNPI. “Proses demokrasi, saat ini tengah mengalami ujian tidak kecil,” tambah Muhamad Rifai Darus, dalam keterangan tertulisnya. (Editor, Redaksi kicaunewscom/ Haji Merah).

Ketua DPP KNPI. Muhamad Rifai Darus.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru