oleh

Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Kelompok KKN Gembira Gelar Diskusi

KABUPATEN TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Dengan semangat nasionalisme, Pemuda Desa harus yakin dan bisa terus berpartisipasi aktif dalam memajukan bangsanya. Hal tersebut, dapat dimulai oleh Pemuda, melalui memajukan desanya sendiri.

Pemuda dalam demokrasi, memiliki kekuatan moral yang bisa dan mampuh melakukan perubahan dan bisa menjadi kekuatan sosial bagi bangsa ini.

Demikian hal ini disampaikan, Dewi Nadya Maharani, Ketua Umum Badan Pengelola Latihan di HMI Cabang Jakarta Barat dalam acara Forum Diskusi, yang bertajuk, “Pemuda Desa untuk Kemajuan Bangsa”.

“Para pemuda desa mesti yakin dan berpartisipasi aktif dalam memajukan bangsanya, sebagai pemuda yang memiliki kekuatan moral bisa melakukan perubahan dan kekuatan sosial demi bangsa Indonesia lebih baik,” kata Nadya

Diketahui, acara diskusi kebangsaan tersebut, digelar di Aula Masjid Nurul Jannah, Desa Pematang Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten. Dalam acara diskusi tersebut, tidak hanya membincang masalah Pemuda. Namun juga masalah Keislaman, Kebangsaan, dan Keindonesiaa.

Senada dengan Nadya, Wakil Ketua KKN Gembira, yang menjasi narasumber diskusi TB Damanhuri juga menyampaikan, kondisi pemuda Indonesia saat ini, pada umumnya mempunya Iron Stock yang berlimpah.

Daman menjelaskan, jumlah pemuda di Indonesia, berdasarkan data demografi menyebutkan, jumlah pemuda di Indonesia dengan rentang usia 16-30 tahun, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan berjumlah 61,8 juta orang atau 24,5 persen dari total jumlah penduduk.

Pemuda Perlu Perhatian Khusus

Secara kuantitas, kata Daman menerangkan, Iron Stock Pemuda di Indonesia sangatlah berlimpah. “Disinilah seharusnya perlu adanya perhatian serius dari pemerintah, terkhusus Kemenpora dalam memberdayakan pemuda demi menopang kemajuan Bangsa,” terang Damanhuri.

Acara pelatihan sekaligus diskusi ini, selain mendapatkan dukungan dari masyarakat, juga mendapatkan antusias dari masyarakat setempat. Sebagaimana diketahui, acara pelatihan dan diskusi ini dimotori oleh kelompok KKN Gembira.

Baca juga :  Ingin Tau Tentang Potensi Wilayah, Danramil 03/Serengan Jalin Komsos Dengan Pengusaha Batik Karlina

Senada dengan Daman, di tempat yang sama, Sekertaris Desa Pematang Tigaraksa, Wawan Kurniawan juga menyampaikan apresiasi atas diselenggarakannya pelatihan ini.

Wawan menilai, saat ini kondisi pemuda di Indonesia sangatlah mengerikan, dengan adanya kegiatan positif ini, dia berharap kegiatan ini bisa memberikan wawasan serta kebaikan bagi kemajuan bangsa.

“Ditengah zaman yang dimana kondisi pemuda kini ‘mengerikan’, saya apresiasi sekali akan adanya kegiatan positif ini. Kegiatan yang menambah wawasan, kebaikan, dan kebermanfaatan bagi kemajuan bangsa, lewat pemberdayaan para pemuda desa”, kata Sekertaris Desa Pematang Tigaraksa, Wawan Kurniawan.

Di tempat yang sama, hal senada juga dikatakan Eka Febriyanto salah satu peserta menyampaikan, kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat bagi pemuda. Selain menambah wawasan, kata Eka kegiatan ini juga bisa memberikan wawasan kepada para pemuda di Desa Pematang Tigaraksa Kabupaten Tangerang.

“Saya mengapresiasi sekali akan adanya pelatihan ini. Karena dapat menambah ilmu dan pengetahuan kepemudaan dan kebangsaan. Sehingga dapat bermanfaat dan kemudian diterapkan baik di lingkup Desa Pematang khususnya, maupun Bangsa,” kata Eka Febriyanto. (Rilis dikirim Roby Ahdyat Kepada Redaksi).

Dokumen Redaksi.
Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru