oleh

SMA di Kota Tangerang Tak Gratis, DPRD: Harusnya Walikota Koordinasi sama Gubernur

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Pengambil alihan fungsi dan wewenang SMA/SMK sederajat oleh Provinsi, baik dalam pengelolaan keuanga, aset maupun sumber daya manusia, sebagaimana telah diatur dalam UU No 23 Tahun 2014, telah menyisakan banyak sesal dikalangan guru-guru di Kota Tangerang.

Kota Tangerang, yang biasanya menggratiskan biaya pendidikan dari tingkat Sekolah Dasar sampai Sekolah Menengah Atas, saat ini pasca adanya kebijakan pengambil alihan fungsi oleh Provinsi, kini tidak gratis lagi.

Dalam menyikapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Pontjo Prayogo dalam jumpa persnya mengatakan, untuk kewenangan SMA,  pihaknya tidak bisa berbuat apa apa.

“Kalau untuk SMA kan ini kewenangan Provinsi dan kita tidak bisa apa apa,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang.

Namun Pontjo juga menilai, dengan diambil alihnya kewenangan tersebut, pada akhirnya Provinsi juga kaget, sehingga biaya pendidikan untuk SMA/SMK tidak gratis.

“Saya pikir, karena provinsi juga kaget saking banyaknya SMA di Banten jadi tidak di Gratiskan.” kata Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, dalam jumpa persnya kepada wartawan.

Meski begitu, Kader Partai Gerindra ini berharap, dengan adaya gubernur baru ini, dia berharap pendidikan untuk tingkat SMA/SMK bisa segera digratiskan.

“Saya berharap dengan adanya Gubernur baru, semoga saja bisa di gratiskan.” kata Pontjo.

Untuk diketahui, berdasarkan UU No 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah, Kepala Daerah punya wewenang penuh untuk mengembangkan daerah tersebut.

Dalam menyikapi persoalan ini, Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Pontjo menegaskan, seharunya Kepala Daerah Kota Tangerang bisa melakukan koordinasi dengan Gubernur.

“Kalau pun Kepala Daerah mengajukan,  kita tidak keberatan silahkan saja, saya rasa kalau memang Kepala Daerah mengajukan kita ok ok aja. Kita juga kan tidak tau komunikasi kepala daerah seperti apa dengan Gubernur.” tegas Pontjo saat jumpa pers.

Baca juga :  Rapat Paripurna: Sachrudin Tanggapi Pandangan DPRD Kota Tangerang

Sekedar Informasi, Rabu (16/08) DPRD Kota Tangerang, menggelar Rapat Paripurna, dalam pembagasannya, DPRD bersama Pemkot Tangerang, membahas mengenai RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2017. (Redaksi kicaunewscom/Haji Merah)./

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru