oleh

Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang, Raih Akreditasi B

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Dengan terbitnya Surat Keterangan (SK) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Nomor: 2379/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017 pada kamis (10/8/2017) lalu. Program Studi (Prodi) Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Pamulang raih Akreditasi B 2017-2022 dari yang sebelumnya akreditasi C.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia Universitas Pamulang, Muhamad Wildan saat dikonfirmasi Jurnalis KICAUNEWS.com menuturkan.

Diraihnya Akreditasi B ini merupakan hasil kerja keras dari tim Borang, tim Borang adalah semacam instrumen yang telah disediakan badan akreditasi nasional perguruan tinggi (BAN-PT) yang harus diisi oleh tim prodi, yang di dalamnya penuh dengan segala kerumitannya.

“Falsafah akreditasi yang mesti dibangun dan diketahui ialah bahwa akreditasi adalah suatu keniscayaan yang melekat pada setiap Prodi, sebab akreditasi adalah amanat UU” kata Ketua Prodi Sastra Indonesia Unpam, Muhammad Wildan, saat dikonfirmasi melalui aplikasi whatsapp.

Wildan menjelaskan, “Tim borang Saya menyebutnya dengan tim internal dan eksternal, Internal terdiri dari dosen-dosen Sasindo Unpam dan eksternal termasuk rekan-rekan fotocopy Unpam yang telah sigap menggandakan naskah-naskah akreditasi” Ungkap Wildan.

Meski rumitnya 7 standar penilaian yang meliputi visi misi, tata pamong, mahasiswa dan alumni, SDM Dosen, kurikulum, pendanaan, dan terakhir penelitian serta Pengabdian masyarakat, Wildan mengaku merasa puas atas peningkatan Akreditas ini.

“Dari 7 standar ini ada puluhan bahkan ratusan turunan itemnya. Oleh karenanya, nilai B ini adalah buah kerja keras rekan dosen Sasindo, dari 2 bahkan 5 tahun ke belakang.” papar Wildan.

Diraihnya Akreditas B sambung Wildan, memungkinkan ke depan untuk didirikan S2 Sastra Indonesia di Unpam. Selain itu dari hasil ini juga membuat terbukanya berbagai kemungkinan Prodi Sasindo Unpam mendapat akses untuk bersaing dengan prodi-prodi di Indonesia, untuk memperebutkan program pengembangan prodi.

Baca juga :  TEC Ajak Ormas GRANAT dan FKPPI Lawan Covid-19

“Kedepannya Sasindo Unpam harus mendapat A, sehingga menjadi barometer pembelajaran Sastra di wilayah Tangsel bahkan Jabodetabek” sambung Wildan. (Ikbal).

Tim Dosen Unpam
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru