oleh

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, Kelompok KKN Gembira Gandeng KPUD Tangerang Adakan Seminar

KABUPATEN TANGERANG, KICAUNEWS.COM Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tangerang, Akhmad Jamaludin menghimbau kepada seluruh masyarakat desa Pematang agar bisa terbuka dan bisa berpartisipasi penuh terhadap politik.

Dia mengatakan, tingkat partisipasi politik masyarakat di kabupaten Tangerang menurun, pada Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Legislatif saja, pemilih di kabupaten Tangerang tidak mencapai 100 persen. Sebanyak 60 persen masyarakat pragmatis dan angka golput pun lebih tinggi.

Demikian hal itu disampaikan Akhmad Jamaludin dalam diskusinya, diacara seminar partisipasi politik masyarakat, yang digelar oleh Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gembira 078 di Balai Desa Pematang, kabupaten Tangerang.

“Tentu Ini menjadi tugas kami untuk memberikan pemahaman terhadap politik, dan tentunya tugas mahasiswa juga untuk mensosialisasikan pemahaman partisipasi politik yang benar.” kata Akhmad Jamaludin, Ketua KPUD Kabupaten Tangerang.

Bersama KPUD Kabupaten Tangerang, belasan mahasiswa yang terhimpun dalam Kelompok KKN Gembira ini, ikut serta memberikan pemahaman politik kepada masyarakat di desa Pematang Kabupaten Tangerang.

Acara seminar yang digelar mahasiswa tersebut, selain mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat, diacara ini juga, puluhan masyarakat desa Pematang menyambutnya dengan positif dan antusias.

Diacara tersebut, selain Ketua KPUD Kabupaten Tangerang hadir mendampingi mahasiswa sekaligus menjadi narasumber diacara seminar itu, Kepala Desa Pematang dan Jajarannta juga turut hadir.

Kepala desa Pematang, Asnawi yang hadi diacara tersebut, menyambut baik dan mengapresiasi belasan mahasiswa yang menggelar Seminar Partisipasi Politik Masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi, karena Partisipasi Politik ini merupakan pengetahuan yang sangat penting bagi perubahan dan kemajuan masyarakat itu sendiri.” kata Asnawi kepada KICAUNEWS com, saat dimintai keterangan.

Bahkan, kata Asnawi menambahkan, pihaknya sangat menyayangkan ketika masyarakat tidak lagi memperdulikan partisipasi politik tetsebut, padahal hal itu untuk kemajuan masyarakatnya sendiri.

Baca juga :  Sertu Junaidi, Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme di SD 21 Surakarta

“Bahkan Saya sangat menyayangkan ketika masyarakat tidak memperdulikan partisipasinya padahal itu untuk kemajuan bersama.” tambah Asnawi.

Senada dengan itu, Dosen Pembimbing Lapangan KKN Gembira 078 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Khaeron Sirin ditempat yang sama juga menyampaikan. Partisipasi politik masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara memang suatu keniscayaan.

“Partisipasi masyarakat dalam mengelola negara tidak mungkin timbul jika pihak penguasa negara, tidak mengharapkan proses demokratisasi terjadi di negaranya.” kata Khaeron Sirin saat dimintai keterangan KICAUNEWS.com di tempat yang sama.

Dia menambahkan, kebanyakan hambatan yang timbul dalam mewujudkan partisipasi politik masyarakat justru berkaitan langsung, dengan bagaimana sikap penguasa negara itu sendiri.

“kegiatan ini sangat penting, guna menambah pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran untuk berpartisipasi secara lebih aktif dan rasional.” kata Khaerun Sihin.

Selain itu, dia juga menegaskan, dalam upaya menguatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem politik dan demokrasi saat ini, maka kegiatan seminar Partisipasi Politik Masyarakat ini sangat penting dan layak di apresiasi oleh semua pihak.

Sekedar Informasi, Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gembira 078 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, telah tiga pekan di jalankan oleh belasan mahasiswa di desa Pematang Kabupaten Tangerang.

(Rilis ini dikirim oleh Robi Ahdiyat, Editor Redaksi kicaunewscom/Haji Merah).

Bersama KPUD Kabupaten Tangerang, Kelompok KKN Gembira Adakan Seminar Partisipasi Politik Masyarakat, di Desa Pematang. Foto. Roby Ahdiyat.
Seminar Partisipasi Politik Masyarakat, Yang digelar oleh Kelompok KKN. Foto. Roby Ahdiyat.
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru