oleh

Wujudkan Masyarakat Sehat, Kelompok KKN Gembira Siap Sukseskan PHBS Serentak

KAB. TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Perilaku hidup bersih dan sehat memanglah penting untuk terus dilakukan oleh masyarakat, tanpa terkecuali bagi masyarakat di desa Pematang kecamatan Tigaraksa kabupaten Tangerang, Banten.

Dalam menyikapi persoalan tersebut, mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang terhimpun dalam kelompok Kuliah Kerja Nyata, bernama Gerakan Mahasiswa Bakti Rakyat atau Gembira 078, menggelar kegiatan sosialisasi kesehatan.

Melalui kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mahasiswa memberikan vitamin, dan imunisasi Posyandu untuk puluhan balita di Kp. Puri RW 05. Sebelum kegiatan ini digelar mahasiswa, mereka juga terlebih dahulu mengadakan senam pagi besama warga setempat.

Ineke, salah satu warga yang mengikuti senam, mengucapkan banyak terima kasih kepada mahasiswa, atas kehadirannya melakukan KKN di kampungnya.

“Secara pribadi, saya ingin hidup sehat. Meski udah tua juga, ya jangan lupa untuk hidup sehat, salah satunya dengan senam pagi ini.” kata Ineke, warga kampunh Puri yang mengikuti senam pagi.

Acara senam yang dipimpin oleh mahasiswa ini, selain untuk sarana menjalankan perilaku hidup sehat, juga mendapatkan antusias dari warga setempat.

Senada dengan Ineke, Sekertaris KKN gembira, Iva Rustiana menuturkan, mahasiswa menghimbau agar warga setempat selalu menjaga kesehatan, dan terus berperiku hidup sehat dan bersih.

“Semoga kedepannya masyarakat Kp. Bidara terkhususnya lebih kompak dan semangat lagi, terutama dalam menjaga kebugaran jasmani dan ruhani, salah satunya melalui senam pagi ini”, kata Iva Rustiana.

Selain itu, di tempat yang sama, wakil ketua KKN Gembira 078, Tb. Damanhuri berharap untuk kedepannya, Pemerintah Daerah melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, bisa lebih serius mengawal Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di berbagai pelosok desa agar masyarakat sehat di kabupatan Tangerang bisa terwujud.

Baca juga :  Pelaku Pencabulan Warga Karang Baru, Akhirnya Dikenakan Pasal 289, Korban Berharap Pelaku Segera Ditahan

“Pemkab pun harus serius dalam menciptakan atmosfer kesehatan bagi masyarakat desanya, baik dalam fasilita, sarana maupun program-programnya. Desa harus diutamakan.” kata Damanhuri.

Mahasiswa yang biasa dipanggil Tebe, yang saat ini aktif di Himpunan Mahasiswa Banten, lebih lanjut menjelaskan, pemerintah harus tanggap dalam merespon beragam keluhan masyarakat desa tentang kesehatan.

Sekedar informasi, dalam KKN ini, mahasiswa rencananya akan menggelar kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Kegiatan ini, akan dilakukan mahasiswa pada 19 Agustus mendatang, dengan bekerja sana dengan Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Tangerang, dan juga ibu-ibu PKK, serta puskesmas setempat.

Rencananya kegiatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini, alan digelar di Balai Desa Pematang, Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. (Dikirim oleh Robi ahdiyat. Editor. Haji Merah/kicaunewscom)

Dok kicaunews.com
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru