oleh

Ikut Campur Perjuangan Papua Merdeka, PPKI Unras di Kedubes Selandia Baru

Jakarta, Kicaunews.com – Puluhan massa dari Pemuda Penjaga Kedaulatan Indonesia (PPKI) yang tergabung dari pemuda dan mahasiswa (HMI, PMII dan GMNI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Kedutaan Besar Selandia Baru, Jalan Asia Afrika no 8, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017) sekitar pukul 14.00 wib.

Aksi demo ini diketahui mengecam pernyataan salah satu kantor berita di Negara Selandia Baru gencar menyiarkan pemberitaan palsu tentang pembunuhan di Papua. Sehingga menimbulkan spekulasi adanya campur tangan Selandia Baru untuk ikut mendorong serta mendukung perjuangan politik Papua merdeka.

Beberapa demonstran membawa spanduk yang bertuliskan “RNZ jangan menjadi provokator corong dan pelindung separatisme”, “Penangkapan dan penyiksaan rakyat Papua di Nabire adalah Hoax RNZ tertipu LSM West Papau”, “Segera putus hubungan bilateral Indonesia New Zaeland”, “Pemerintah New Zaeland harus bertanggung jawab atas tindakan ceroboh RNZ dengan meminta maaf kepada RI”, “New Zaeland menjadi rumah yang nyaman bagi separatis”.

Dalam keterangannya tertulisnya, Korlap PPKI, Rusdin mengatakan, itu adalah suatu bentuk campur tangan Selandia Baru yang berpotensi mengganggu kedaulatan NKRI. Di sisi lain selandia Baru sering melakukan kampanye solidaritas untuk West Papua meminta pemerintah Selandia Baru buka suara terkait perlakuan terhadap para demonstran pro kemerdekaan oleh Polisi Indonesia di Nabire

“Tidak ada hubungan bilateral antara satu provinsi dengan Negara lain, selain hubungan antara negara dengan Negara. Hubungan antar Negara dengan Negara adalah berdasarkan hubungan transaksi politIk dalam sector ekonomi dan lain sebagainya, “ ujarnya kepada Kicaunews.com, Selasa (8/8/2017).

Dirinya menjelaskan, menyangkut dengan kemerdekaan Papua adalah desakkan Selandia Baru terhadap Papua. Hal ini berdasarkan pengakuan salah satu warga Papua yang tergabung dalam Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

Baca juga :  Hasil Penanganan Dugaan Tindak Pemilu Sentra Gakkumdu Jaktim

“Jika Negara asing turut angkat bicara mengenai Kemerdekaan Papua maka Negara tersebut telah
merusak harkat dan martabat NKRI di dunia internasional. Pemerintah Indonesia harus tegas membijaki problem keterlibatan Negara asing (SELANDIA BARU) atas desakan deklarasi kemerdekaan Papua merdeka, “ tegasnya.

“Hal ini sangat mengejutkan, dan pemerintah NKRI seharusnya berbicara dan bertindak agar pihak luar tidak ikut campur dalam urusan Negara Indonesia, lebih banyak lagi dari yang mereka, “ tambahnya.

Ada beberapa tuntutan yang disampaikan pada aksi unjuk rasa tersebut untuk Pemerintah Republik Indonesia yakni Indonesia harus memutuskan hubungan Diplomatik dengan Pemerintah New Zeland Karena  New Zeland mendukung Sparatis Papua. Serta Boikot Produk-produk asal New Zeland.

Sementara ada empat tuntutan tegas yang disampaikan untuk Negara Selandia Baru yakni:

  1. Meminta pemerintah Selandia Baru agar berhenti mencampuri dan mendukung papua merdeka karena masalah papua adalah urusan dalam negeri Indonesia.
  2. Meminta negara Selandia Baru berkomitmen untuk tidak membantu upaya manuver politik Papua merdeka, karena Papua merupakan bagian dari NKRI yang sah.
  3. Hentikan kerjasama dengan pendukung Papua merdeka
  4. Segera putus hubungan bilateral Indonesia-Selandia Baru (Jef)
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru