oleh

Berdiskusi Dengan Ridwal Kamil, Ketua YPP Alkamal Jakarta Bahas Gerakan 100 Smart City

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Patut diketahui, Pada tahun 2045 nanti diperkirakan 80% penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan. Jika tidak diantisipasi dengan tepat, fenomena ini akan menimbulkan masalah pelik perkotaan, mulai dari masalah ekonomi, hunian, kemacetan, dan berbagai masalah sosial lainnya. Karena itu, dibutuhkan terobosan untuk bisa menjawab komplektitas masalah perkotaan ini sejak dini. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Indonesia menggulirkan Gerakan Menuju 100 Smart City. Melalui gerakan ini, pemerintah kota dan kabupaten akan mendapatkan bimbingan dari tim ahli yang akan membantu meletakkan aspek-aspek fundamental dalam pengembangan smart city.

Menyikapi hal tersebut dibutuhkan seluruh campur tangan stake holder, Seperti yang dilakukan Salah Satu Tokoh Pendidikan Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo pria kelahiran Kediri pada tanggal 29 Oktober  Tahun 1958 yang kini menjabat sebagai Ketua Yayasan Pondok Pesantren Alkamal Jakarta yang juga menaungi Institut Sains dan Teknologi Alkamal (ISTA) Jakarta ingin berperan aktif dalam ikut serta menyukseskan program tersebut dengan melakukan diskusi dengan Walikota Bandung Ridwal Kamil di Pendopo Walikota Bandung.

Dalam Diskusi tersebut, Prof. Marsudi kepada kicaunews dalam pesan WhatsApp nya mengutarakan, Saya bertemu Pak Walikota Bandung Ridwan Kamil untuk menyerap visi beliau dalam menjadikan Bandung sebagai kota yang cerdas. “Saya melihat Pak Walikota Ridwal Kamil yang luar biasa, visioner, cerdas, dan penuh determinasi dalam mewujudkan impian-impiannya, Makanya saya melakukan Diskusi Dengan beliau,” Katanya.

Prof. Marsudi Menjelaskan, untuk menuju 100 Smart City dibutuhkan terobosan-terobosan salah satunya menyiapkan SDM berkualitas yang mampu mendorong mensukseskan program tersebut di tahun 2045 mendatang. “Kebetulan saya menaungi perguruan tinggi yang didalamnya terdapat jurusan teknik sipil, nah nanti saya akan sampaikan hasil hearing ini ke prodi untuk bisa meniru ide-ide Pak Ridwan agar Segera menyiapkan SDM Lulusan terbaik,” Katanya.

Baca juga :  PT Unilever Indonesia Tbk, Kami Komitmen Jaga Kelestarian Kuliner Nusantara

Tidak hanya itu, Prof. Marsudi menambahkan, Karena peran Institusi pendidikan sangat penting dalam Smart City. Untuk itu kata Prof. Marsudi, hearing ini dirasa perlu dan hasilnya akan saya bawa ke Prodi di ISTA Jakarta.

Usai berdiskusi, Prof. Marsudi menyerahkan cindera mata berupa buku best seller saya, Revolusi Mengajar, yang langsung dibuka dan dikatakan akan dibaca sampai khatam oleh Walikota Ridwal Kamil.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru