oleh

Combine Hand Fester di Operasikan TNI untuk bantu petani di Jawa Tengah

CILACAP, KICAUNEWS. COM – Babinsa Koramil 08 Adipala, Kodim 0703 Cilacap melakukan pendampingan panen lahan Demlot menggunakan mesin

Combine Hand Fenster di Desa Doplang, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap seluas 1 Hektare, Rabu lalu  (03/08).

Para Babinsa Koramil 08 Adipala yang dipimpin langsung Bati Tuud Pelda Wahidin, turun langsung ke sawah untuk memanen padi dengan mesin canggih Combine Hand Fenster.
Dalam pelaksanaan panen di lahan Demlot ini di ikuti oleh, ketua kelompok tani “Sumber Makmur”    Hajar, PPL desa Doplang Weni Supuastuti, dan 7 personel Babinsa serta para anggota kelompok tani.

Menurut Bati Tuud Koramil 08 Adipala, Pelda Wahidin menyampaikan, Panen padi di sawah Demplot Koramil 08 Adipala padi jenis IR 64, dengan  menggunakan pupuk Urea sebanyak 150 Kilogram, TSP 200 Kilogram, Ponska 250 Kilogram serta di lengkapi dengan pupuk organik.” Ungkap Pelda Wahidin.

“Dan untuk pencegahan hama wereng, menggunakan pestisida jenis Plenum dan Aplout. Padi IR 64 dipanen pada umur 102 hari, dari hasil panen ubinan tersebut telah didapat hasil 3,8 Kilogram. Jika ditotal dalam 1 hektare panen padi di lahan Demlot mencapai hasil sebanyak 6,08 Ton,” terangnya.

Dengan panen kali ini  menurutnya sangat memuaskan sesuai dengan harapan. Ini semua karena kerjasama antara kelompok tani “Sumber Makmur” , PPL desa Doplang dan Babinsa Koramil 08 Adipala dalam merawat tanaman padi di lahan Demlot.” Terang Pelda Wahidin

PPL desa Doplang, Ibu Weni Supuastuti mengatakan

“Kami sangat bangga dengan pendampingan yang dilakukan Babinsa Koramil 08 Adipala, karena Babinsa dari mulai pembenihan, hingga panen selalu mendampingi para petani tanpa mengenal lelah.” Ujar Weni.

“Panen kali ini di sawah Demplot Koramil 08 Adipala menggunakan mesin Combine Hand Fenster yang.dioperasikan oleh Babinsa. Mesin ini merupakan peralatan modern canggih dalam dunia pertanian khususnya alsintan mesin panen padi. Memanen padi menggunakan mesin canggih ini sangatlah efektif dan hemat tenaga kerja dan waktu.” Pungkasnya. (By/Tris)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru