oleh

Ditanya Mahasiswa Soal Pajak Rokok, Dinkes Tangsel Lempar Jawaban Ke Bappeda

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Sejumlah mahasiswa, yang terhimpun dalam Gerakan Mahasiswa Pemberantas Kasus Korupsi, Senin (01/08) mengunjungi Dinas Kesehatan Tangerang Selatan untuk menanyakan perihal aliran dana pajak rokok.

Mahasiswa menilai, sesuai undang undang nomor 28 tahun 2009, tentang pajak dan retribusi daerah, bahwasanya provinsi berhak mengutip pajak rokok untuk disetor ke pemerintahan pusat dan akan dikembalikan ke daerah sesuai rasio jumlah penduduk.

Hasil dari pajak rokok ini harus digunakan 50 Persen, untuk keperluan kesehatan. SKPD yang paling berhak menerima anggaran tersebut adalah dinas kesehatan setempat, namun sangat disayangkan ketika ditanya soal aliran dana tersebut.

Salah satu pegawai Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, melalui bidang promosi kesehatan, Yayah mengaku tidak pernah menerima anggaran dana pajak rokok.

“Kami tidak pernah menerima anggran dana pajak rokok, kalau ingin bertanya soal dana tersebut, tanya saja langsung ke bappeda”. kata Yayah, salah satu pegawai Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

Yayah mengatakan, selama ini semua anggaran kegiatan dinas kesehatan berasal dari APBD tidak dari pajak rokok. “Selama ini kita menyelenggarakan sosialisasi perda kawasan tanpa rokok dari APBD,” kata Yayah.

Akibat tidak dimentahkan oleh Dinas Kesehatan, Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Pemberantas Kasus Korupsi, Ahmad Imam Santoso, rencananya dalam waktu dekat, akan mengunjungi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Tangerang Selatan, untuk meminta penjelaskan lebih lanjut.

Iman menegaskan, pihaknya dalam waktu dekat, akan segera menyurati Bappeda Kota Tangerang Selatan, untuk mendapatkan kejelasan lebih lanjut.

“Kita akan surati Bappeda, biar semuanya jelas. Kalau seandainya kita menemukan indikasi penyelewengan aliran dana pajak rokok, kita akan investigasi lebih lanjut,” tegas Imam. (Ikbal/ ed. Haji Merah).

Foto. Ilustrasi Rokok.

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru