oleh

Sambut HUT Ke-72 RI, Istana Gelar Acara Sebulan Penuh

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — MENYAMBUT Hari Kemerdekaan ke-72 RI, pemerintah akan menggelar serangkaian acara sebulan penuh, yang diawali pada 1-30 Agustus 2017. Beberaoa even diantaranya pameran lukisan, diskon belanja, sampai konser dari kelompok musik Negeri Gingseng. Girls’ Generation (SNSD) dan Far East Movement.

Rangkaian acara ini akan dibuka dengan pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan, ‘Senandung Ibu Pertiwi’ di Galeri Nasional, Jakarta, pada Selasa 1 Agustus. Pameran akan dilangsungkan sampai 30 Agustus.

Rencana Kegiatan Bulan Kemerdekaan 2017 ini diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (28/7).

“HUT kemerdekaan bukan diperingati sehari dua hari, kita memeringatinya sebulan penuh. Jadi ini menunjukkan keseriusan kita sebagai bangsa. Merayakan, menghayati, mengamalkan semangat kemerdekaan yang sudah kita raih,” tandasnya.

Pratikno berharap pameran lukisan dan rangkaian acara ini bukan hanya dirasakan masyarakat Jakarta, tetapi juga masyarakat di seluruh Indonesia. Menurut Pratkno, masih banyak koleksian Istana Kepresidenan yang dapat ditampilkan kepada masyarakat. Untuk itu, ia berharap pameran ini bisa memancing antusiasme masyarakat.

“Kita akan merangkai dengan banyak sekali kegiatan. Yang bergiat bukan hanya masyarakat di Jakarta, tetapi juga seluruh indonesia, di seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Pada hari yang sama, Istana Kepresidenan juga akan menggelar zikir bersama. Zikir yang bertema ‘Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan’ ini akan berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta, sekira pukul 19.30 WIB.

“Akan diikuti oleh para ulama dan sekaligus juga oleh para santri dari berbagai pondok pesantren yang kemudian disambung dengan berbagai kegiatan yang lain selama satu bulan,” jelasnya.

Menurut dia, rangkaian acara ini juga tak hanya berlangsung di Jakarta. Tetapi, seluruh kota di Indonesia. Untuk itu, ia mendorong kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara ini.

Baca juga :  Sambangi DPRD Provinsi Banten, Komnas Perlindungan Anak Minta Dukungan

“Dan, saya yakin masyarakat juga sangat antusias. Jadi berbagai Kementerian juga siap untuk memback-up inisiatif-inisiatif yang ada di masyarakat,” ucap dia.

Pada 11 Agustus akan menjadi ‘Kick-Off Pembinaan Ideologi Pancasila’ di Istana Bogor. Ini adalah kegiatan Unit Kerja Presiden Bidang Pembinaan Ideologi Pancasila. Ada pula Hari Belanja Diskon Indonesia di Gambir Expo-JIExpo Kemayoran, Pukul 10.00 WIB.

Sementara, Triawan menambahkan, sifat setiap acara memang partisipatif. Bukan hanya dari Istana Kepresidrnan, kementerian-kementerian dan lembaga lain juga turut terlibat, termasuk masyarakat.

“Semua kita coba akomodir untuk diadakan pagelaran-pagelaran sampai kuliner, makan ikan bakar bersama, pentas seni, car free day dengan tema-tema tertentu,” ujar Triawan.

Pemerintah juga akan menyelenggarakan peringatan hari kebangkitan teknologi nasional ke-22. Peringatan ini mengambil tema pembangunan maritim berbasis pengetahuan di Center Point of Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 10 Agustus. “Jadi tidak hanya di Jakarta. Semua diselenggarakan di seantero Indonesia,” kata Triawan.

Pratikno menambahkan, selain selebrasi, agenda Presiden bakal menghadiri beberapa sidang di MPR, DPR dan DPD. “Di tengah Agustus (tanggal 16 Agustus) ada sidang tahunan di depan MPR, pidato kenegaraan di DPR bersama DPD. Tentu saja juga ada pidato RAPBN 2018 dan nota keuangan,” ucapnya.

Upacara 17 Agustus pun seperti biasa dilakukan di Istana Merdeka. “Kita kemas dengan nuansa khidmat, juga ada selebrasinya. Kita ini bukan khidmat tapi juga gembiranya, kita tuangkan untuk ekspresikan budaya kita,” tukas mantan Rektor Universitas Atma Jaya itu.(OL-3)

 Sumber : mediaindonesia.com
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru