oleh

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pimpin upacara HUT DKI

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar Lebaran Betawi di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada 28 Juli hingga 30 Juli 2017.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, lokasi ini dipilih sekaligus untuk mempromosikan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan sebagai destinasi wisata Provinsi DKI Jakarta.

“Di sana nuansa Betawi di lokasi tersebut masih sangat kental, sehingga Lebaran Betawi tahun ini dipusatkan di Setu Babakan,” kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 25 Juli 2017.

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta Bambang Sugiyono menambahkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui TransJakarta menyediakan bus feeder gratis yang melayani rute Stasiun Pancasila -Jalan Moh. Kahfi II -Setu Babakan -Srengseng Sawah Raya-Jalan Lenteng Agung Raya Barat. Terdapat 10 kendaraan dengan waktu pelayanan pada pukul 06.00- 18.00 WIB.

Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta juga telah melakukan sejumlah upaya untuk meminimalisasi kemacetan dan memudahkan transportasi pada lokasi acara, dengan melakukan manajemen sistem satu arah (SSA). Arus satu arah itu berlaku pada hari Sabtu dan Minggu (29 Juli dan 30 Juli 2017) dari pukul 06.00- 18.00 WIB, yaitu pada ruas Jalan Moh. Kahfi II (Simpang Jeruk sampai dengan Simpang Wr. Sila).

“Petugas plotingan dan tim derek ditempatkan di setiap simpang rawan macet di sepanjang jalan menuju lokasi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan,” kata Bambang.

Pada Lebaran Betawi, masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi acara diimbau menghindari ruas Jalan Moh. Kahfi II dan Srengseng Sawah untuk mengurangi penumpukan kendaraan.

Lebaran Betawi 2017 akan diisi berbagai hiburan dan kesenian budaya Betawi, mulai dari tradisi Betawi, kudapan khas Betawi, tarian Betawi, dan bermacam perlombaan.

Baca juga :  ALMUD : Melawan Lupa (AHOK)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng Badan Musyawarah (Bamus) Betawi sebagai panitia penyelenggara, dengan keikutsertaan lima wilayah kota dan satu kabupaten administrasi yang memamerkan kekhasan setiap daerah.

Lebaran Betawi merupakan salah satu acara tahunan sebagai ajang silaturahmi antara warga Jakarta yang kental nuansa Betawi setelah lebaran Idul Fitri.

Sumber : viva.co.id

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru