oleh

Gerindra Optimis, Demokrat, PAN dan PKS Bisa Koalisi di Pilpres 2019

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Sudah bukan rahasia lagi, jumlah partai politik yang memiliki kursi di DPR, saat ini terbelah menjadi dua kubu. Sebanyak 6 Parpol masuk sebagai koalisi pendukung pemerintah, dan 4 Parpol masuk sebagai oposisi pemerintah.

Hal terlihat jelas saat DPR, (20/07) kemarin, mengambil keputusan dalam mengesahkan RUU Pemilu menjadi undang-undang. Sebanyak 4 fraksi di DPR Walk Out, dan sisanya tetap ikut memutuskan RUU Pemilu tersebut.

Tarik menarik kepentingan dalam RUU Pemilu di rapat Paripurna, kemarin, akhirnya putus, dengan disahkannya Presidential Threshold sebanyak 20-25 persen. Secara otomatis, dari 10 Parpol yang memiliki kursi di DPR, tidak bisa mengusung calon di Pilpres tanpa berkoalisi.

Sebagai partai oposisi pemerintah, Gerindra membuka peluang koalisi dengan PKS, PAN, dan Demokrat pada Pemilu serentak 2019 mendatang. Dari ketiga Parpol yang diajak koalisi ini, memilki sikap selaras, hal ini terlihat saat sidang Paripurna, untuk memutuskan Presidential Threshold sebanyak 20-25 persen.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menuturkan, jika keempat Parpol yang kemarin Walk Out di Paripurna, bersatu maka keempat koalisi ini akan terjalin kuat.

“Kalau Gerindra kan itung-itungannya kalau berkoalisi dengan PKS cukup, Gerindra dengan PAN cukup. Gerindra dengan Demokrat apalagi. Kalau berempat berkoalisi lebih kuat lagi, kan begitu,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon Selasa (25/07). di Kompleks Parlemen, sebagaimana dilansir Jawapos.com.

Gerindra, kata Fadli Zon, akan terus membuka komunikasi dengan ketiga partai tersebut, agar rencana koalisi tersebut terkabul. “Kita kan pasti harus berkomunikasi, bersilaturahmi,dan harus mau berkoalisi misalnya ke depan,” kata Fadli Zon.

Hanya mengingatkan, dari keempat Parpol yang Walk Out, partai Demokrat sejak awal masuk sebagai non blok, meskipun begitu, Fadli menegaskan, Gerindra sejak awal sudah bersilaturahmi dengan tokoh-tokohnya.

Baca juga :  Rahayu Saraswati: Jujur Saya Alergi Sama Politik, Karena Banyak Penipu Seperti Saya

“Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan dan Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan hadir di rumah Prabowo Subianto bersama Ketum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketum PKS Sohibul Iman guna membahas RUU Pemilu itu,” tegas Fadli.

Fadli menegaskan, Gerindra pasti akan berkoalisi di Pilpres 2019 mendatang. “Kita pasti berkoalisi,” kata Fadli. (Jawapos/ed. Kicaunewscom).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru