oleh

Paripurna RUU Pemilu, Fraksi di DPR Terpecah Jadi Tiga Gerbong

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pembahasan lima isu krusial dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu, dalam Rapat Paripurna, Kamis (20/07) diprediksi akan berjalan alot dan deadlock. Pasalnya, dari jumlah fraksi yang ada di DPR, terbelah dalam pembahasan presidential threshold atau ambang batas calon Presiden.

Kemungkinan yang terjadi, dalam pembahasan presidential threshold akan diputuskan lewat voting. Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan menuturkan, sebagai pimpinan DPR hanya akan memfasilitasi sikap-sikap fraksi untuk mencari titik temu, agar RUU Pemilu segera bisa dirampungkan.

“Pimpinan DPR hanya bisa memfasilitasi itu, semuanya sangat tergantung sikap pendapat standing point masing fraksi. Apakah voting atau tidak tentunya sangat tergantung skema lobi dan keinginan masing fraksi,” kata Taufik Kurniawan, Kamis (20/07) saat dimintai keterangan Jurnalis di Jakarta.

Taufik menjelaskan, tahapan mekanisme pengambilan keputusan sebelum dilakukan voting. Pertama, setiap anggota diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Kedua, setiap anggota memberikan sikap fraksi terhadap sikap RUU Pemilu.

Jika belum ada titik temu, kata Taufik, maka pengambilan keputusan dalam sidang, akan dilakukan dengan lobi-lobi, lalu jika masih deadlock Pemerintah akan ikut lobi. Jika masih saja buntu, Taufik menambahkan, pengambilan keputusan harus dengan voting.

“Biasanya kalau paripurna itu di kasih hak kemerdekaan seluruh anggota fraksi bicara. Kalau sudah baru tahapan terakhir bicara fraksi. Kalau masih deadlock kita lobi. Lobi buntu lagi kita lobi terakhir yang terakhir libatkan pemerintah. Baru voting,” jelas Wakil Ketua DPR yang juga Waketum DPP PAN.

Sekedar informasi, Peta fraksi di DPR dalam pembahasan RUU Pemilu terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya meliputi, Paket A. Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi PPP, Fraksi Partai Nasdem, dan Fraksi Hanura.

Sementara Fraksi Gerindra, Fraksi Demokrat dan Fraksi PKS dan Fraksi PAN, masih belum memilih dan meminta pembahasan RUU Pemilu dibawa ke Rapat Paripurna. Untuk Fraksi PKB masih belum memilih diantara keduanya. (TS/Ed. Kicaunews.com).

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru