oleh

Soal Penambahan Masa Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu, Ini Kata Direktur Politik Kemendagri

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Proses rekapitulasi suara merupakan salah satu norma yang banyak berubah dalam draf RUU Pemilu, Selain tahap rekapitulasi dilevel kelurahan dipangkas waktu penyelesaianpun diperbaharuin.

Demikian dikatakan Direktur Politik Dalam Negeri Kemendagri Bahtiar Baharrudin di acara Peluncuran Program Sistem Informasi Data Pemilih di Kantor KPU Jakarta pada Selasa Kemarin, 11/7/2017.

Bahtiar Mengatakan, dalam pembahasan sudah disepakati masa rekapitulasi bertambah lima hari. “yang Awalnya 30 hari menjadi 35 hari, Totalnya mulai pencoblosan hingga penetapan hasil,” Jelas Bahtiar seperti diberitakan Jawapos.

Bahtiar menjelaskan, penambahan waktu tersebut merupakan hasil evaluasi dari pengalaman sebelumnya. “Dalam Pemilu 2014 waktu 30 hari membuat penyelenggara cukup kewalahan dan bahkan saat itu KPU mengusulkan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang (Perppu),” Katanya.

“Dalam pemilu 2 Tahun mendatang, jumlah pemilih dan surat suara juga bertambah dengan digabungkannya pemilihan presiden dan pemilihan legislative satu pemilih akan mencoblos lima surat suara. Mulai presiden, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota hingga DPD RI,” Tambahnya.

Bahtiar kembali mengatakan, Jika Daftar Pemilih Tetap (DPT) 190 Juta saja surat suara keseluruhan hampir mencapai 1 milliar. “Dengan begitu beban tugas penyelenggara dalam merekap hasil menjadi lebih besar dan lebih banyak,” Tuturnya.

Sumber : Jawa Pos

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru