oleh

PPDB Tingkat SLTP Amburadul, Walikota Tangerang Ambil Sikap

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM –Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah akhirnya mengambil sikap terkait ricuhnya persoalan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP.
Arief meminta Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Tangerang, Abduh Surahman agar lebih mengedepankan faktor nilai ebtanas murni (NEM) ketimbang faktor usia dan zonasi.
Perintah petunjuk teknis (Juknis) itu langsung dibuat Arif usai menggelar rapat dengan Kepala Dindik, Abduh Surahman, Kepala Bappeda, Said Endrawiyanto dan perwakilan Dinas Kominfo Kota Tangerang, Sabtu (8/7/2017).
Kisruh PPDB SMP itu berawal dari kebijakan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang sistem zonasi yang tertuang dalam Permendikbud nomor 17 tahun 2017. Pasalnya penerimaan siswa tidak lagi mengedepankan nilai, namun hanya mengedepankan faktor domisili (zonasi) siswa yang berdekatan dengan lokasi sekolah.“Dengan sistem yang ada, faktor nilai sebagai prestasi siswa juga akan diprioritaskan selain faktor umur.” Ujar Wali Kota yang ditemui seusai menggelar Rapat di ruang Pusat Pemerintahan Kota Tangerang.

Menurutnya, kebijakan ini diharapkan dapat membantu para calon siswa yang memiliki nilai akademis baik untuk dapat mengenyam pendidikan yang layak di kota Tangerang.

“Mudah – mudahan ini bisa bantu siswa supaya bisa lebih mudah daftar sekolah.Kan kasian yang nilainya bagus tapi susah daftar sekolah ,” imbuhnya.

Ditemui seusai rapat, kepala Dinas Pendidikan kota Tangerang, Abduh Surahman menyatakan bahwa dirinya siap melaksanakan arahan Wali Kota yang mendahulukan faktor nilai setelah zonasi, untuk itu ke depan pihaknya akan memaksimalkan kualitas pendidikan di kota Tangerang agar semua sekolah dapat memiliki kualitas pendidikan yang sama tanpa adanya perbedaan “kasta” sekolah.

“Kami akan melaksanakan arahan bapak Wali Kota dan juga sistem zonasi ini menjadi pelecut untuk membangun kualitas pendidikan yang terbaik dan merata bagi setiap sekolah di kota Tangerang.” tutupnya.(Forwat)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru