oleh

Tim Pansus Sudah Dibentuk, Cagar Budaya Kota Tangerang Harus Jadi Destinasi Wisata

KOTA TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif terkait Cagar Budaya di Kota Tangerang yang dibuat oleh DPRD mendapat sambutan baik dari Pemerintah Kota Tangerang. Usai menggelar Rapat Paripurna, DPRD Kota Tangerang membentuk tim panitia khusus (Pansus), bernama Pansus II.

Namun meskipun tim Pansus sudah dibentuk, DPRD Kota Tangerang, belum membentuk pengurus Pansus tersebut. Namun sejauh ini, DPRD Kota Tangerang, dalam merumuskan Raperda Inisiatif ini, sudah menyiapkan draf yang dijadikan sebagai legal standing.

Demikian disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) Kota Tangerang, Yati Rohayati, Rabu (05/07) saat dimintai keterangan oleh Group kicau, di ruang kerjanya, di Gedung DPRD Kota Tangerang.

“Kalau persiapan kami sudah menyiapkan draf-drafnya, dan itu akan dibahas di rapat kerja Pansus. Semuanya sudah siap, baik kajiannya sudah disiapkan, dan untuk pimpinan Pansusnya besok akan ditentukan,” kata Yati Rohayati yang juga Anggota Komisi II, DPRD Kota Tangerang dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Kepada Group Kicau, Taty menjelaskan, dengan adanya Perda Inisiatif ini, kedepannya Kota Tangerang memiliki kawasan yang jelas terkait Cagar Budaya. Taty juga menilai, dengan adanya Cagar Budaya di Kota Tangerang bisa membawa banyak manfaat.

“Bisa meningkatkan basic pemahaman masyarakat, paling tidak masyarakat Tangerang khusunya, lebih mengetahui, potensi kota Tangerang,” kata Taty.

Ini, tambah Taty, akan bisa meningkatkan destinasi wisata, sekaligus juga bisa meningkatkan Pendapatan Anggaran Daerah di Kota Tangerang.

Senada dengan Rohayati, Ketua Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Gerindra, Andrasoni menilai, saat ini Pemerintah Kota Tangerang, belum secara maksimal bisa mengoptimalkan Penggiat Budaya di Kota Tangerang.

“Dengan adanya Perda ini, kami Partai Gerindra berharap kedepan masyarakat dan pemerintah kota dapat bersinergi, menjaga dan membina budaya di lingkungan Kota Tangerang,” kata Ketua DPC Partai Gerindra Kota Tangerang, Andrasoni, Rabu (05/07) saat dihubungi Group Kicau, di tempat terpisah.

Baca juga :  Sambut Pilkada, Pembinaan Pamsung TPS Digelar Satpol PP Kota Tangerang

Dibentuknya Perda ini, Soni menambahkan, langkah yang baik, dalam melestarikam budaya, sebab dengan begitu, situs-situs budaya di Kota Tangerang, bisa mendapatkan perhatian dari Pemerintah untuk kedepannya.

“Selain melasterikan situs budaya yang ada di Kota Tangerang, tentunya dengan Perda ini, nantinya pemerintah daerah akan dituntut untuk lebih memperhatikan pelestarian dan pengembangan budaya kota tangerang.” tambah Andrasoni.

Senada dengan Soni, Ketua Fraksi Gerindra Kota Tangerang, Pontjo Prayogo saat dimintai keterangan oleh Group Kicau di Gedung DPRD Kota Tangerang menambahkan, dengan adanya Perda inisiatif ini, Kota Tangerang harus menjadi kota yang tertata dengan rapih.

Sebab, kata Pontjo, sejauh ini penempatan situs-situs cagar budaya di kota Tangerang, masih belum tertata dengan rapih. “Di Kota Tangerang ini, ya seperti dilihatkan, banyak persitiwa bersejarah, seperti peristiwa Lekong,” kata Pontjo kepada Group Kicau.

Yang sangat disayangkan, kata Pontjo, ketika cagar-cagar ini hilang. “Seperti rumah tua, dengan adanya Perda ini, harus bisa diselamatkan oleh Pemerintah kota.” kata Pontjo.

Dengan adanya Perda inisiatif ini, Pontjo berharap, Kota Tangerang bisa menjadi kota Pariwisata bersejarah, yang nantinya akan menjadi daya jual dan bisa dinikmati oleh masyarakat di Kota Tangerang.

“Seperti di Tangerang, itu ada China Benteng, Kampung Betawi, Situ Cipondoh, disitu seharunya ada wisata kampung Betawi, dekat Cisadane seharusnya adanya kawasan Pecinaan, agar daya kota Tangerang ini bisa menjadi lebih baik.” kata Pontjo. (Den/Group Kicau).

 

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru