oleh

Pentingnya Pendidikan Prasekolah, Taman Kanak Kanak (TK)         

KAB. KUNINGAN, KICAUNEWS.COM — Pendidikan anak prasekolah merupakan bentuk transisi perkembangan anak dari lingkungan keluarga kepada lingkungan Sekolah.

Masa transisi ini merupakan masa yang cukup sulit namun menyenangkan bagi anak, Karena kesiapan pada setiap anak dalam melalui masa transisi ini berbeda beda hal juga dipengarui oleh dukungan keluarga, pengasuh si anak itu sendiri dimana dukungan orangtua dalam membimbing anak secara informal sangat dibutuhkan untuk mendukung bimbingan yang diperoleh anak dari pendidikan prasekolah sebagai sektor pormal.

Pendidikan prasekolah dapat membantu perkembangan anak. Secara terinci, Hurlock (1978) menyebutkan ada beberapa aspek perkembangan yang dapat didorong pertumbuhan melalui pendidikan prasekolah.

Aspek tersebut adalah perkembangan fisik,ketrampilan, kemampuan berbicara, perkembangan emosi,prilaku sosial, sikap sosial, kreativitas di siplin konsep diri dan penyesuaian sekolah dan lainnya.

Demikan pula menurut Eha Setiawati salah satu peneliti dan pengamat perkembangan TK di Padahurip Selajambe Kuningan mengutarakan, akhir pembicaraannya bahwa kebutuhan fisik merupakan sesuatu yang berkaitan dengan pertumbuhan dan kesehatan fisik misalnya, makanan, udara segar, sinar matahari, tidur atau istirahat.

Maka yang memerlukan aktivitas fisik berolah raga bermain tali memanjat dan sebagainya. Keberhasilan anak dalam menghadapi tantangan fisik ini mempunyai arti yang lebih luas bagi anak dalam hal perkembangan pribadi anak akan merasa mampu berani mencoba hal hal baru dan akan mempengaruhi kecerdasan anak tersebut. (Agus Kuningan)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru